Rabu 16 Dec 2020 22:21 WIB

Islam Satukan Pakistan-Bangladesh di Tengah Prahara

Pakistan dan Bangladesh disatukan dengan sentimen Islam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Pakistan dan Bangladesh disatukan dengan sentimen Islam di Rawalpindi, Pakistan, Selasa (21/4/2020).
Foto:

Dalam sanggahan kategoris, jurnalis Swedia Ingwar Oja menulis pada Maret 1973, "Tuduhan tentang pembunuhan 3 juta orang sangat dilebih-lebihkan." Peter Gill berpendapat di Daily Telegraph pada awal 1973, "Angka tiga juta orang Bengali yang terbunuh selama 10 bulan mengerikan itu, setidaknya 20 kali lebih tinggi (dari kenyataan), jika tidak 50 atau 60 kali." 

Sama halnya dengan tuduhan pemerkosaan dan pelecehan seksual, yang dalam banyak kasus dilakukan secara sistematis oleh aktivis organisasi fundamentalis Hindu berbasis di India, Rashtriya Swayamsevak Sangh (RSS). November 1971, sebenarnya adalah bulan suci Ramadhan. Dan di bulan Ramadhan, hanya Muslim paling keji yang pernah berpikir untuk melakukan tindakan menjijikkan seperti itu.

Duta Besar Bartleman juga berbicara tentang jutaan orang yang dipenjara di kamp pengungsi besar di Bangladesh, yang telah berpihak pada Pakistan selama Perang 1971. Di sini, juga muncul pertanyaan tentang jumlah pasukan Pakistan yang menyerah pada 16 Desember 1971. Pandangan umum yang disebarkan secara masif adalah bahwa 90 ribu sampai 93 ribu tentara Pakistan meletakkan senjata mereka. Ini tidak benar. 

Itu murni fiksi, dan tentu bukan fakta. Dalam bukunya 'Betrayal of East Pakistan,' komandan militer Pakistan di Pakistan Timur, Letnan Jenderal AAK Niazi dengan tegas menyatakan bahwa ia memiliki kekuatan tempur 34 ribu di Pakistan Timur pada 1971.

Sarmila Bose pun setuju dengan pandangan letnan jenderal Niazi. Menurutnya, "93 ribu tentara Pakistan sebenarnya tidak ditawan." Analis independen di Bangladesh, Amerika Serikat, dan bahkan India, berpendapat bahwa jumlah pasukan Pakistan di Pakistan Timur yang menyerah tidak lebih dari 34 ribu sampai 35 ribu. 

Bangladesh tidak pernah bergabung dengan India, juga tidak akan pernah mau. Saat ini, sejumlah besar Muslim Bangladesh menyebut orang India sebagai 'Malaoon (hina) Hindu.' Di pihak mereka, orang India dengan mengejek menggambarkan orang Bangladesh, 'Kecoa' dan 'bangsa paling tidak tahu berterima kasih di dunia.'

Teori Dua-Bangsa dari Quaid-e-Azam berlaku hari ini, seperti dulu. Munculnya pemerintahan fundamentalis Hindu Narendra Modi di India pada  2014, semakin memperkuat pentingnya dan validitas teori Dua-Bangsa. 

photo
Perdana Menteri India Narendra Modi. (AP/Manish Swarup)

Beberapa orang di Pakistan Barat dan beberapa di Pakistan Timur bertanggung jawab atas 1971. Orang biasa baik di Pakistan Timur maupun di Pakistan Barat tidak bertanggung jawab atas 1971. Orang-orang di Pakistan Timur menderita yang paling berat dari konflik tersebut.

Tanpa menyadari apa yang sedang terjadi, di Pakistan Timur, saudara-saudara mereka di Pakistan Barat, hanya berharap dan berdoa untuk persatuan Pakistan dan untuk kesejahteraan saudara-saudara mereka di Pakistan Timur. India telah merekayasa tragedi itu; India muncul sebagai penerima manfaat utama.

Selama kunjungannya ke Bangladesh pada Juli 2002, Presiden Pakistan saat itu, Pervez Musharraf menekankan, "Saudara-saudariku di Pakistan berbagi dengan sesama saudara dan saudari di Bangladesh, duka yang mendalam atas peristiwa bencana 1971.

Sebagai akibat dari ini Tragedi, sebuah keluarga, yang memiliki kesamaan agama dan warisan budaya, dan disatukan oleh perjuangan bersama untuk kemerdekaan dan berbagi visi masa depan, terkoyak. Kami merasa kasihan atas tragedi ini, dan rasa sakit yang ditimbulkannya kepada orang-orang kami." 

Tidak ada orang Pakistan yang akan tidak setuju dengan pandangan Pervez Musharraf. Muslim Bengali mencintai orang-orang. Mereka tangguh. Pada saat yang sama, mereka pahit, karena 1971. Sebagai warga negara yang bangga akan negara yang bangga, mereka berhak untuk merasa getir.

Yang penting, Pakistan selalu mendukung Bangladesh. Pada 1980-an, atas permintaan Dhaka, Pakistan menghadiahkan 46 pesawat tempur ke Bangladesh. Ini dilakukan tanpa biaya, tanpa pamrih. Islamabad juga membantu Dhaka dalam memperkuat pertahanannya pada kesempatan lain. Demikian pula, bantuan ekonomi telah diberikan secara rutin ke Bangladesh. 

Pakistan, sejak kelahirannya, mengalami kesuksesan besar dan kegagalan besar. Kesalahan fatal 1971 tidak boleh terulang kembali. Muslim Pakistan dan Muslim Bangladesh adalah bagian dari satu negara Muslim besar. Pakistan berharap Bangladesh baik-baik saja.

 

Sumber: https://nation.com.pk/16-Dec-2020/pakistan-and-bangladesh-part-of-one-large-muslim-nation   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement