Rabu 16 Dec 2020 20:38 WIB

Saat Prancis dan Mesir Bergandengan Lawan Ikhwanul Muslimin

Prancis dan Mesir menghadapi persoalan sama soal Ikhwanul Muslimin

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Prancis dan Mesir menghadapi persoalan sama soal Ikhwanul Muslimin Logo ikhwanul muslimin
Foto:

Mesir telah menyatakan pemahaman dan dukungannya atas tindakan yang diambil Prancis terhadap kelompok ekstremis. Negara ini saat ini sedang mempertimbangkan undang-undang penting yang dikenal sebagai RUU "Anti-Separatisme Islam" untuk meletakkan dasar hukum bagi kampanye komprehensif untuk membasmi ancaman fundamentalisme agama terhadap kebebasan.

RUU tersebut berupaya untuk memperketat kontrol pada berbagai kegiatan, dari home schooling hingga pendanaan asing untuk rumah ibadah dan operasional organisasi dan asosiasi keagamaan.

Jika disahkan, undang-undang tersebut juga akan menghentikan wacana ekstremis dan ujaran kebencian melalui Internet dan situs jejaring sosial serta melindungi perempuan dan anak perempuan dari praktik tertentu yang bertentangan dengan hak dan kebebasan mereka di bawah hukum Prancis.

Tindakan tersebut konsisten dengan kebijakan Mesir yang memperluas tindakan kerasnya terhadap kelompok dan organisasi fundamentalis dan radikal setelah tahun bencana pemerintahan Ikhwanul Muslimin, yang belum pernah terungkap sebelumnya bahwa rancangan organisasi tersebut untuk memonopoli pemerintah dan mengubah identitas masyarakat dan negara Mesir. Pengalaman itu mendorong jutaan orang Mesir untuk berbaris melawan organisasi tersebut pada 2013. 

Setelah jatuhnya dari kekuasaan, Ikhwanul Muslimin mulai mendukung kekerasan secara terang-terangan dan menghasut kelompok lain untuk menyerang militer dan polisi. Tak lama kemudian, gelombang teroris yang dihasutnya juga menargetkan warga sipil yang tidak bersalah.

Pertempuran melawan Ikhwanul Muslimin dan anak perusahaannya terus berlanjut, sebagian besar karena dukungan yang mereka terima dari kekuatan regional tertentu yang memanfaatkan agama dan kelompok Islamis untuk mencapai tujuannya di dalam dan luar negeri.

photo
Presiden Mesir Abdel Fatah Al Sisi. - (Welt.de)

Kolaborasi Mesir-Prancis harus menjadi titik awal yang sangat baik untuk kerjasama yang lebih luas antara masyarakat Arab dan Barat, yang diperlukan untuk membuka kedok organisasi Islam seperti Ikhwanul Muslimin. 

Termasuk memaksa pemerintah tertentu untuk menghentikan sponsor mereka untuk organisasi tersebut dan rencana mereka untuk menggunakan proses demokrasi untuk berkuasa dan kemudian membajak pemerintah untuk memaksakan aturan teokratis.

Beberapa pemerintah Barat terus menawarkan perlindungan kepada operasi Ikhwanul Muslimin meskipun banyak bukti bahaya yang ditimbulkan organisasi. 

Di antaranya mendorong komunitas Muslim untuk memisahkan diri dari lingkungan sosial mereka yang lebih besar dan memaksa mereka untuk mematuhi undang-undang yang bertentangan dengan nilai-nilai demokrasi dan liberal. 

Pimpinan yang diambil Prancis dalam legislasinya harus memiliki dampak positif pada cara masyarakat lain di Barat mendekati apa yang Al-Sisi dengan tepat disebut sebagai "ideologi yang mematikan".

Pertemuan pemikiran Perancis-Mesir tentang masalah ini merupakan penyangkalan yang tegas terhadap gagasan “benturan” antara Islam dan Barat. Memang, itu adalah bukti nilai-nilai bersama, yang diungkapkan di sini dengan pengakuan mereka atas musuh bersama yang mengancam semangat hidup berdampingan, saling toleransi, dan nilai-nilai kemanusiaan lainnya dengan menghasut kebencian, menyebarkan fanatisme, dan mendorong bentrokan antara Islam dengan agama dan budaya lain.

Mesir telah lama menganjurkan pandangan ini dalam upayanya untuk bekerja dengan negara-negara di Barat untuk membatasi kelompok ekstremis dan melindungi negara sipil dari musuh-musuhnya, baik di dunia Arab atau di tempat lain.

 

Sumber: http://english.ahram.org.eg/NewsContent/50/1204/396941/AlAhram-Weekly/Opinion/Islamist-lethal-ideologies.aspx

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement