Rabu 16 Dec 2020 04:35 WIB

6 Konglomerat Muslim di Dunia yang Dikenal Dermawan  

Tokoh Muslim konglomerat ada yang lahir dari keluarga tak mampu

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Tokoh Muslim konglomerat ada yang lahir dari keluarga tak mampu, Ilustrasi Perdana Menteri Pakistan Imran Khan
Foto:

3. Malala Yousafzai (3 juta dolar)

Malala Yousafzai adalah perempuan berusia muda yang pemberani. Dia merupakan aktivis muda dan telah menjadi miliuner yang tak terduga 3 kali lipat. Malala adalah salah satu penerima hadiah Nobel Perdamaian atas upayanya dalam pendidikan dan aktivisme hak-hak perempuan.

Aktivisme itu dia jalani setelah menderita dan mengatasi luka tembak fatal yang membuatnya dalam kondisi kritis sementara. Tak hanya itu, Malala adalah sosok perempuan kaya raya dengan prinsip yang melekat pada dirinya.  

Namun dia tak lupa dengan orang-orang yang membutuhkan uluran tangannya sehingga dia pun mendonasikan sejumlah besar penghasilannya ke organisasi amal yang berfokus pada peningkatan pendidikan.

Malala Yousafzai

photo
Malala Yousafzai. (AP/Rui Vieira)

4. Imran Khan (50 juta dolar)

Politisi Pakistan yang saat ini menjabat sebagai Perdana Menteri Pakistan, Imran Khan, adalah seorang pemain kriket dan dermawan sebelum memasuki pemerintahan nasional. Khan telah bermain kriket internasional selama 20 tahun sebelum pensiun pada 1992.

Imran Khan juga dikenal sebagai sosok yang dermawan, maka tak heran bila dia memilih untuk terlibat dalam upaya filantropi. Pada 2015, dia mengumpulkan 25 juta dolar untuk membangun dan mendirikan rumah sakit baru di Peshawar.

5. Sulaiman Al Rajhi (2,1 miliar dolar)

Sulaiman Al Rajhi saat ini adalah Pimpinan Bank Al-Rajhi, bank Islam terbesar di Arab Saudi. Saat ini, dia menduduki peringkat 120 orang terkaya di dunia dan pada 2012, menerima Penghargaan Internasional Raja Faisal karena menyumbangkan setengah dari seluruh kekayaannya untuk proyek amal nasional. Al Rajhi juga merupakan salah satu non-bangsawan terkaya di Arab Saudi.

Miliarder berusia 96 tahun ini adalah sosok nyata dari orang yang semula miskin dan compang-camping kini menjadi konglomerat. Dia memulai bisnis bersama saudaranya menukar uang untuk para pelancong dengan karavan unta. Keluarganya memiliki bank di mana Al Rajhi menjadi pemegang saham terbesarnya. Dia hanya menyandang gelar di pendidikan dasar dan terkenal akan kesuburannya karena memiliki 23 anak. 

6. Sultanah Nur Zahirah (15 miliar dolar)

Sultanah Malaysia, Nur Zahirah, adalah permaisuri ke-13 dari negara asalnya dari tahun 2006 hingga 2011. Bersama suaminya, Sultan Mizan Zainal Abidin, ia memiliki 4 orang anak. Adapun kontribusi sosialnya meliputi proyek kesejahteraan, rumah sakit dan merupakan pelindung pra-sekolah pertama di Terengganu. Sultanah juga merupakan Kanselir Universiti Sultan Zainal Abidin.

Sultanah Nur Zahirah suka memasak dan membaca. Dia tetap terlibat dalam berbagai organisasi sosial dan amal. Khususnya, saat dia mengatur donasi saat terjadi gempa bumi Samudra Hindia pada 2004. Dia bersama organisasi Yayasan DiRaja Sultan Mizan mendistribusikan botol bayi yang dirancang untuk bayi dengan bibir sumbing. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement