Kamis 03 Dec 2020 16:07 WIB

Jumlah Muslim AS Catat Rekor Baru dalam Pemilu 2020

170 kandidat Muslim mengikuti pemilihan di 28 negara bagian dan Washington.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Ani Nursalikah
Jumlah Muslim AS Catat Rekor Baru dalam Pemilu 2020. Warga New York memberikan suara mereka pada Selasa (6/11) dalam pemilu paruh waktu Amerika Serikat.
Foto: AP Photo/Mark Lennihan
Jumlah Muslim AS Catat Rekor Baru dalam Pemilu 2020. Warga New York memberikan suara mereka pada Selasa (6/11) dalam pemilu paruh waktu Amerika Serikat.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Komunitas Muslim Amerika Serikat (AS) mencatatkan rekor baru dalam kancah politik negeri Paman Sam tersebut dalam pemilu 2020. Sebanyak 170 kandidat Muslim mengikuti pemilihan pada siklus pemilihan ini yang mencalonkan diri di 28 negara bagian dan Washington DC.

"Peningkatan representasi politik dan keterlibatan sipil yang lebih tinggi berjalan seiring. Tingkat pendaftaran pemilih yang tinggi dan upaya keluar dari pemungutan suara yang diorganisir oleh kelompok-kelompok yang dipimpin Muslim dan pejabat terpilih pada 2020 mencerminkan hubungan simbiosis ini," kata laporan yang disusun oleh Council on American-Islamic Relations (CAIR), Jetpac, dan MPower Change dilansir di Middle East Eye, Rabu (2/12).

Baca Juga

Dari 170 kandidat yang mencalonkan diri, setidaknya 62 memenangkan pemilihan. Ini adalah rekor tertinggi lainnya sejak organisasi mulai melacak Muslim mencalonkan diri untuk jabatan politik. Pada 2018, 57 kandidat terpilih untuk menjabat.

Laporan tersebut juga menyoroti peningkatan jumlah Muslim yang mencalonkan diri dan menang meskipun hanya mewakili sebagian kecil dari seluruh populasi Amerika. Ini juga menunjukkan alih-alih hanya berfokus pada pemilihan presiden, anggota kelompok agama mencalonkan diri di tingkat lokal untuk membantu melakukan perubahan positif di komunitas mereka sendiri.

 

Laporan itu mengatakan 23 Muslim memenangkan kursi di badan legislatif negara bagian mereka, enam memenangkan posisi kabupaten, dan setidaknya 12 memenangkan kursi di dewan sekolah lokal mereka. "Muslim AS merayakan pemilihan anggota komunitas kami di seluruh negeri ini - mulai dari dewan sekolah hingga aula Kongres," kata Linda Sarsour, pendiri MPower Change.

"Apa pun yang terjadi di tingkat presiden, kami akan terus membangun kekuasaan, melibatkan pemilih, dan fokus pada pemilihan umum karena di situlah dampak nyata pada kehidupan kami," tambahnya.

Direktur Eksekutif CAIR Nihad Awad mencatat banyak kandidat berhasil karena membangun kampanye akar rumput yang terdiri dari beragam koalisi yang berjuang untuk masa depan yang adil di mana hak-hak sipil dan kebebasan Muslim Amerika dapat ditegakkan dan dilindungi.

"Sekarang setelah pemilu selesai, kita semua perlu bekerja untuk merumuskan kebijakan publik yang mempromosikan kebebasan dan keadilan," katanya.

Umat ​​Muslim memberikan suara terbanyak...

Umat ​​Muslim juga keluar untuk memberikan suara dalam jumlah tertinggi, dengan CAIR melaporkan bulan lalu bahwa lebih dari satu juta orang memberikan suara mereka pada pemilihan ini. Mayoritas memilih Presiden terpilih Joe Biden, ada juga sejumlah besar Muslim yang memberikan suara mereka untuk Presiden Donald Trump - yang berpotensi menandakan perpecahan partisan di antara Muslim.

Namun, lebih banyak penelitian diperlukan untuk menunjukkan tingkat dukungan yang sebenarnya untuk Trump di kalangan Muslim karena komunitas agama terdiri dari beragam kelompok. Ketegangan di antara umat Islam juga relatif tinggi menjelang pemilihan presiden AS setelah sejumlah organisasi Muslim besar memutuskan hubungan dengan Emgage, sebuah kelompok advokasi politik Muslim.

Masalah yang dihadapi adalah tentang dukungan Emgage terhadap kandidat pro-Israel. Masalah ini timbul banyak kritik oleh kelompok-kelompok pro-Palestina sebagai perusahaan pencucian agama dan kemitraan dengan Liga Anti-Pencemaran Nama Baik.

Advertisement
Berita Lainnya