Selasa 24 Nov 2020 21:10 WIB

Geopolitik Timur Tengah Berubah, Negara Mana Penjaga Islam?

Turki, Pakistan, Hingga UEA berebut menjadi pemimpin Islam

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Nashih Nashrullah
Turki, Pakistan, Hingga UEA berebut menjadi pemimpin Islam. Umat Islam mendengarkan ceramah agama di masjid (ilustrasi).
Foto:

Setelah pengumuman undang-undang baru, tampaknya UEA lebih fokus untuk mengalihkan ekonominya yang bergantung pada minyak ke industri lain. Ini termasuk mengundang arus tinggi investasi Israel dan Barat ke negara itu dengan mengorbankan apa pun. 

Mereka bertujuan untuk meningkatkan UEA menjadi tujuan wisata pencakar langit bagi wisatawan Barat, pencari keberuntungan, dan bisnis terlepas dari "Sistem Hukum Islam garis keras".

Selain itu, perubahan besar terjadi tepat setelah kesepakatan bersejarah yang ditengahi Amerika Serikat untuk menormalkan hubungan antara UEA dan Israel. Masa depan akan terungkap tetapi dapat diramalkan bahwa hari-hari monarki akan segera berakhir. 

Itu tidak akan terjadi dalam beberapa tahun itu akan memakan waktu tetapi pasti akan terjadi. Monarki kaya kotor yang berusia puluhan tahun pasti akan digantikan oleh "demokrasi".

Selain UEA, Kerajaan Arab Saudi juga dalam perjalanan yang sama. Raja baru Raja Muhammad Bin Salman condong ke arah "budaya Barat" dan lebih banyak "pemikiran dan nilai Liberalis". Dia juga lebih cenderung membawa struktur yang lebih liberal di negaranya.

Misalnya baru-baru ini Arab Saudi telah memberikan lebih banyak kebebasan kepada wanita untuk mengemudi dan mereka diizinkan untuk bekerja dengan pria di kantor atau tempat kerja lainnya. Perubahan drastis ini dianggap sebagai tugas yang tidak mungkin dilakukan tetapi banyak hal berubah dengan cepat.

Pertanyaan yang harus diajukan adalah, kemana arah kecenderungan Pakistan? Siapakah yang dilihat Pakistan sebagai penjaga dan pemelihara Islam dan nilai-nilai Islamnya?

photo
Masjid Badshahi di Lahore, Pakistan. - (dailytimes.com)

Negara-negara Arab juga memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap masyarakat Pakistan khususnya dalam hal agama. Pakistan harus menanggung biaya "Wahabisme" yang berbenturan dengan "Syiah" dan sekte Islam lainnya yang terutama dibawa orang Arab ke negara itu.

Banyak orang Pakistan menganggap orang Arab sebagai cita-cita mereka dan masyarakat Arab sebagai masyarakat yang ideal untuk ditinggali. Saya juga mendengar orang-orang memberikan contoh "sistem Islam Arab Saudi" dan betapa setia mereka pada "nilai-nilai Islam". 

Mereka juga dianggap sebagai "penjaga" dan "pemelihara" nilai-nilai Islam. Tapi sekarang karena mereka cenderung atau sepenuhnya bergerak ke arah sistem Barat, apakah Pakistan juga akan memilih liberalisme di negara mereka? 

Selalu ada lingkungan kebingungan dalam masyarakat Pakistan. Kebingungan ini adalah, memilih demokrasi atau memilih sistem Islam. Ini telah menciptakan pemisahan yang tajam dalam masyarakat Pakistan, yang berjuang untuk menjadi sepenuhnya Barat (paling kiri), dan yang lain mencoba untuk melestarikan sistem Islam (paling kanan), atau mengembangkannya.

Transformasi UEA melalui pengadopsian nilai-nilai kebarat-baratan menunjukkan bahwa hanya dunia Muslim yang meninggalkan nilai-nilainya dan bergerak menuju bagasi budaya dan nilai yang dipinjam. Masa depan akan terungkap siapa yang akan duduk di singgasana "penjaga Islam".

Sampai sekarang situasi geopolitik yang berubah menunjukkan bahwa Turki-lah yang tampaknya berjuang untuk merebut tahta ini. Mungkin ini adalah debat lain tentang seberapa jauh Turki sendiri telah bergerak dalam Westernisasi selama beberapa dekade Kemalis.

Tentang politik kekuatan Arab saat ini, saya akan berkata, "Keindahan pohon terletak pada cabangnya, tetapi kekuatannya terletak pada akarnya," kata Matshona Dhliwayo tepat.

 

 

Sumber: https://www.pakistantoday.com.pk/2020/11/22/custodians-of-islam-changing/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement