Senin 16 Nov 2020 19:32 WIB

Benci Islam dan Nabi di Eropa, Mengakar Sejak Perang salib? 

Sejumlah sejarawab menyebut anti-Islam dan nab sejak Perang Salib

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Nashih Nashrullah
Sejumlah sejarawab menyebut anti-Islam dan nab sejak Perang Salib Suasana perang salib memperebutkan Yerusalem.
Foto: wikipedia
Sejumlah sejarawab menyebut anti-Islam dan nab sejak Perang Salib Suasana perang salib memperebutkan Yerusalem.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- Sejatinya fitnah Eropa terhadap nabi dan Islam memiliki silsilah yang jauh lebih tua daripada kebebasan berbicara dan tidak ada hubungannya dengan humor.   

Abdus Sattar Ghazali, Pemimpin Redaksi Journal of America, meminjam penjelasan Dr Asma Barlas, seorang pensiunan profesor politik di New York, mengatakan tepatnya, mereka berakar di Eropa Abad Pertengahan dan konsep diri orang Kristen yang berubah selama satu milenium.

Baca Juga

Misalnya, Tomaz Mastnak, seorang sejarawan Perang Salib, berpendapat bahwa pada pertengahan abad kesembilan ketika persatuan Barat mulai mengekspresikan dirinya sebagai susunan Kristen, umat Islam juga dipandang sebagai "musuh normatif" agama Kristen. 

Sampai saat itu, mereka hanya dipandang sebagai kelompok pagan lain dan umumnya diabaikan, bahkan penaklukan Muslim di Spanyol selatan tidak berhasil masuk ke dalam kronik utama. 

 

Namun seiring berjalannya waktu, orang Kristen Eropa melihat dalam Islam bukan hanya "konspirasi jahat melawan Kristen [tetapi] penolakan total [itu] ... yang akan menandai penemuan Anti-kristus". Ini adalah bagaimana Robert Southern menggambarkannya dalam bukunya Pandangan Barat tentang Islam di Abad Pertengahan dan dia menghubungkan kecurigaan ini dengan "keinginan kuat untuk tidak mengenal [Islam] karena takut terkontaminasi." 

Sebaliknya, katanya, bahkan orang-orang Kristen yang tinggal di "tengah-tengah Islam" (Andalusia yang dikuasai Muslim) melihat ke Alkitab untuk menjelaskannya, yang kemudian mereka anggap sebagai Anti-kristus. Singkatnya, menurut Southern, itu adalah ketidaktahuan dan ketakutan akan kontaminasi yang membuat "keberadaan Islam masalah yang paling luas jangkauannya dalam Susunan Kristen Abad Pertengahan." 

Mengingat sejarah ini, tidak mengherankan bahwa orang Kristen Abad Pertengahan juga akan menggambarkan nabi sebagai berhala kafir, iblis, Mahound (seperti dalam Ayat Setan Salman Rushdie), seorang penipu, dan Anti-kristus.

Dia (nabi) muncul dalam samaran dari Perang Salib ke Reformasi, dengan representasi sebagai penipu agama, mencapai pendewaan sastra dalam Komedi Ilahi penyair Italia Dante Alighieri, di mana dia terbatas pada lingkaran neraka kedelapan.

Dua abad kemudian, dia muncul kembali sebagai anti-kristus dalam karya reformis Jerman Martin Luther, yang tentu saja percaya bahwa paus dan Gereja Katolik jauh lebih buruk. Seabad kemudian, ahli hukum Belanda Hugo Grotius, yang dipuji sebagai bapak hukum internasional, masih memanggilnya (nabi) "perampok" dan menyatakan bahwa, berbeda dengan orang Kristen, yang "adalah orang-orang yang takut akan Tuhan, dan menjalani kehidupan yang tidak bersalah, mereka yang Mahometanism yang pertama kali memeluk adalah perampok, dan manusia (Muslim) yang hampa dari kemanusiaan dan kesalehan."

Dengan datangnya era Pencerahan, para kritikus nabi juga mulai menyerangnya dalam bahasa sekuler, sebagai yang disebut penulis Prancis Voltaire sebagai 'tipe terburuk dan fanatik', atau yang disebut filsuf Jerman Immanuel Kant sebagai 'musuh terbesar akal yang pernah hidup'. 

"Itu sebabnya saya melihat kartun nabi sebagai teroris hanya sekularisasi sosok antikristus," ujar Robert Southern dalam bukunya Pandangan Barat tentang Islam di Abad Pertengahan yang dikutip Ghazali. 

"Meminjam dari Hartman, saya ingin menyarankan bahwa, hari ini, beberapa orang Barat berusaha untuk menunjukkan dan mereproduksi dominasi mereka atas Muslim dengan membuat karikatur dan memfitnah simbol-simbol suci kita sesuka hati. Dengan demikian, mereka mampu mencapai secara epistemis apa yang tidak dapat mereka capai secara fisik atau legal," tulis Ghazali.

"Bahkan jika perpindahan dari fisik ke psikologis ini menandakan batas-batas kekuatan Barat, ucapan merupakan bagian integral dari tampilannya. Inilah sebabnya mengapa karikatur nabi yang merendahkan berfungsi sebagai kacamata penguasaan dan sebagai sarana ideologis untuk memperkuat persatuan intra-Barat melawan Muslim," ujarnya menambahkan.

Sumber: https://www.milligazette.com/news/8-international/33744-politics-anti-islam-caricatures/

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement