Ahad 08 Nov 2020 16:16 WIB

Harapan Ketua PBNU dari Kemenangan Joe Biden

Ketua PBNU memiliki harapan dari kemenangan Joe Biden.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Harapan Ketua PBNU dari Kemenangan Joe Biden. Foto: Presiden terpilih Joe Biden memberi isyarat kepada kerumunan setelah berbicara di Wilmington, Del., Sabtu, 7 November 2020.
Foto: AP Photo/Paul Sancya
Harapan Ketua PBNU dari Kemenangan Joe Biden. Foto: Presiden terpilih Joe Biden memberi isyarat kepada kerumunan setelah berbicara di Wilmington, Del., Sabtu, 7 November 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Marsudi Syuhud berharap Joe Biden sebagai pemenang dalam Pemilu Amerika Serikat kedepannya bisa membangun kerjasama dengan Indonesia untuk menciptakan perdamain dunia, khususnya di negara-negara Islam yang dilanda konflik.

“Kita harapkan dengan terpilihnya Biden bisa sama-sama dengan Indonesia untuk bisa memediasi Timur Tengah yang lagi konflik dan menciptakan perdamaian dunia,” ujar Kiai Marsudi saat dihubungi Republika, Ahad (8/11).

Baca Juga

Dia menjelaskan, Joe Biden merupakan pemimpin dari Partai Demokrat, sehingga kemungkinan kebijakannya akan sama dengan Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, yang juga merupakan figur populer di Partai Demokrat.

“NU waktu zaman Obama pun melakukan itu, yaitu ketika menangani Afghanistan bersama-sama dan alhamdulillah Afghanistan bisa berdiri negaranya. Maka, NU pun sekarang mengharapkan demikian, seperti di Iran, Suriah, Libya,Yaman,” ucapnya.

“Jadi diharapkan bisa bersama-sama untuk membangun perdamaian dunia. Intinya itu,” imbuhnya.

Kiai Marsudi mengatakan, jika melihat pendahulunya dari Partai Demokrat, maka Joe Biden kemungkinan akan lebih lembut dalam mengatasi berbagai persoalan di dunia, termasuk dalam bidang politik Internasional.

“Yang saya lihat mungkin Biden akan lebih soft dalam percaturan dialektika politiknya. Dengan kemenangan Biden ini, Indonesia kita harapkan bisa kolaborasi dan kerjasama dengan baik di berbagai bidang,” katanya.

Menurut dia, NU pun menyambut baik kemenangan Biden tersebut untuk membangun peradaban manusia yang lebih bermartabat dan bisa menyelesaikan berbagai persoalan dunia dengan cara yang beradab dan musyawarah.

“Kita harapkan ke depan itu penyelesain apapun tidak memakai pendekatan kalah menang, besar kecil, tapi yang diharapkan adalah diplomasi-diplomasi yang setara,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement