Jumat 06 Nov 2020 12:09 WIB

Lima Negara Bagian AS Kini Punya Anggota Parlemen Muslim

Politikus Muslim di AS bertekad mengalahkan islamofobia di AS dan dunia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Lima Negara Bagian AS Kini Punya Anggota Parlemen Muslim. Anggota Kongres AS Ilhan Omar (kanan) menenangkan rekannya Rashida Tlaib di State Capitol, St. Paul, Minnesota.
Foto:

Sementara yang lain, Samba Baldeh, anggota Dewan Kota Madison, Wisconsin sejak 2015, melangkah lebih jauh. Baldeh yang merupakan seorang imigran Gambia, didukung oleh Keith Ellison, menjadi Muslim pertama yang terpilih menjadi anggota Kongres.

Ia sekarang menjadi jaksa agung di negara tetangga Minnesota. Di Kalifornia, anggota Dewan Kota, Irvine Farrah Khan, telah dipilih sebagai wali kota.

Muslim dari berbagai lapisan masyarakat membuat terobosan dalam politik lokal. Di Minnesota, analis keuangan kampanye Omar Fateh terpilih menjadi senat negara bagian sebagai Demokrat yang mewakili Distrik 62. Di Michigan, Abraham Aiyash asli Hamtramck terpilih untuk mewakili Distrik 4 di dewan perwakilan negara bagian.

 

Di Oregon, pengungsi Somalia, Nafisa Fai telah menjadi Muslim pertama dan orang kulit hitam pertama yang terpilih menjadi anggota Komisi Wilayah Washington.

Namun, ada beberapa kandidat Muslim yang kalah dalam pemilihan. Misal, Qasim Rashid, seorang aktivis Muslim dan pengacara hak asasi manusia yang mencalonkan diri untuk kedua kalinya mewakili Distrik Kongres Pertama Virgina kalah dari Robert Wittman dari partai Republik pada Selasa.

 

https://religionnews.com/2020/11/05/five-states-elect-first-ever-muslim-lawmakers-from-oklahoma-to-delaware/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement