Jumat 06 Nov 2020 12:09 WIB

Lima Negara Bagian AS Kini Punya Anggota Parlemen Muslim

Politikus Muslim di AS bertekad mengalahkan islamofobia di AS dan dunia.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah
Lima Negara Bagian AS Kini Punya Anggota Parlemen Muslim. Anggota Kongres AS Ilhan Omar (kanan) menenangkan rekannya Rashida Tlaib di State Capitol, St. Paul, Minnesota.
Foto:

Turner sebagai pendatang baru politik mengalahkan kandidat dari Partai Republik, Kelly Barlean. Kampanye Turner telah mendapatkan dukungan dari Omar, Senator Elizabeth Warren, dan mantan wali kota Pete Buttigieg di South Bend, Indiana.

Selain Turner, ada sejumlah Muslim yang akan duduk di gedung negara bagian mulai Januari sebagai aktivis. Di New York, Zohran Kwame Mamdani, seorang penasihat untuk Demokrat terpilih menjadi anggota majelis negara bagian, mewakili Astoria, Queens.

Sedangkan, Charles Fall dari Demokrat yang sejak 2019 menjabat sebagai satu-satunya anggota Muslim di majelis negara bagian juga terpilih kembali pada Selasa. Aktivis terkenal di komunitas Muslim Denver, Iman Jodeh, akan mewakili Denver dan Aurora di Dewan Perwakilan Colorado.

Kampanyenya mendapat dukungan dari calon presiden dari Partai Demokrat Joe Biden, Senator Elizabeth Warren, dan Senator Bernie Sanders. Christopher Benjamin, seorang veteran dan pengacara Angkatan Darat terpilih untuk mewakili Distrik 107 di Dewan Perwakilan Florida. Dia juga akan menjadi Muslim pertama di badan tersebut.

 

“Ini luar biasa. Pemilu ini adalah puncak dari studi saya dalam ilmu politik. Saya membawa komunitas saya dan memahami kebutuhannya. Komunitas saya memiliki kepercayaan kepada saya untuk memimpin dengan cara ini. Menjadi Muslim pertama yang terpilih di seluruh negara bagian itu sangat penting,” kata Benjamin, dilansir Religion News Service, Jumat (6/11).

Madinah Wilson-Anton, seorang analis kebijakan di Institut Biden Universitas Delaware memenangkan 72 persen suara dalam pemilihan untuk kursi di Statehouse di Dover. Dia juga mengunggah tweet-nya dengan akun @MadinahForDE tentang dukungannya terhadap Joe Bidden.

“#MyNameIs Madinah. Artinya kota dalam bahasa Arab. Orang tua saya menamai saya setelah kota pertama yang menyambut Nabi Muhammad SAW. Keyakinan saya menginspirasi saya untuk berbicara menentang ketidakadilan dan bekerja untuk kesetaraan. Itu sebabnya saya memilih @JoeBiden & @KamalaHarris: untuk mengangkat negara kita,” tulis Madinah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement