Ahad 01 Nov 2020 14:39 WIB

Mengintip Dunia Mak Comblang Arab Saudi di Era Modern

Jasa mak comblang di Arab Saudi menghadapi segala perubahan.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Mengintip Dunia Mak Comblang Arab Saudi di Era Modern. Dua orang perempuan mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan di Arab Saudi.
Foto:

Beda lagi dengan Um Mansour. Dia adalah seorang mak comblang tradisional yang tidak menggunakan media sosial apa pun. Dia mengaku masih terus menerima klien. Jasanya sebagai mak comblang menyebar dari mulut ke mulut.

Menurut Mansour, banyak anak muda sekarang yang menemukan jodoh mereka di tempat kerja atau di acara sosial. Karenanya ia tidak banyak menerima klien yang berusia di bawah 30 tahun. Mereka yang masih membutuhkan jasanya berasal dari berbagai demografi publik yang sering terlupakan.

“Masyarakat kita sayangnya bisa memiliki pandangan negatif terhadap perempuan yang bercerai atau menjanda. Banyak dari perempuan yang datang kepada saya ini adalah perempuan yang luar biasa dan penyayang. Mereka hanya menjadi korban dari keadaan yang tidak menguntungkan. Mereka berhak mendapatkan kesempatan kedua, dan saya ingin melakukan segala daya saya untuk memastikan mereka mendapatkannya," ujar Mansour.

"Saya sangat gembira mengetahui telah membantu orang menemukan pasangan hidup mereka, dan beberapa dari mereka bahkan masih berhubungan dengan saya hingga hari ini,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement