Rabu 26 Aug 2020 04:35 WIB

Tiga Cara Meraih Ampunan Allah di Tahun Baru Hijriyah

Rahmat dan kemurahan hati Allah tidak terbatas.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Tiga Cara Meraih Ampunan Allah di Tahun Baru Hijriyah
Foto:

Melakukan perbuatan baik

Dengan terus melakukan perbuatan baik maka dosa-dosa pun akan turut terhapus. Seperti dikisahkan oleh Ibn Mas`ud ra, bahwa suatu ketika seorang laki-laki mencium seorang perempuan (yang bukan mahromnya), kemudian ia datang kepada Nabi SAW dan menceritakan perkara tersebut. 

Kemudian turunlah, ayat: "Dan dirikanlah sholat di kedua tepi siang (pagi dan petang) dan menjelang malam. Sesungguhnya, perbuatan baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan buruk. Itu adalah peringatan bagi orang-orang yang ingat." (Hud ayat 114).

Lalu dalam sebuah riwayat Bukhari diceritakan, laki-laki tersebut kembali bertanya, apakah perintah tersebut hanya berlaku untuknya. Kemudian Rasulullah menjelaskan perintah tersebut diberikan kepada seluruh umatnya yang melakukan kesalahan yang sama sebagaimana dilakukan laki-laki itu.

Diriwayatkan oleh Abu Dzar, bahwa Nabi SAW bersabda, "Memiliki rasa takut kepada Allah di manapun engkau berada, dan ikutilah perbuatan buruk dengan perbuatan baik niscaya itu akan menghapusnya, dan berperilaku baik terhadap orang-orang. (At-Tirmidzi dan disahkan oleh Al-Albani)

Jangan abaikan perbuatan kecil

Mendapatkan pengampunan Allah sangat mudah apabila dilakukan sungguh-sungguh. Misalnya hadits Nabi yang menceritakan perbuatan kecil dari makhluknya yang ternyata menjadi sebuah penggugur dosa. Maka, Nabi menganjurkan agar selalu berbuat baik setiap hari. 

Contohnya, kisah seorang hamba yang mendapatkan ampunan karena mencabut duri, menyingkirkan batang pohon dari suatu jalan hanya karena agar tidak ada umat muslim yang terluka. Allah menerima perbuatan kecilnya tersebut dan karenanya ia mendapatkan surga.

Abu Hurairah kembali memberikan contoh perbuatan kecil yang menjadi penyebab ampunan Allah. Sebagaimana dikisahkan Nabi SAW, ada seekor anjing yang berputar mengelilingi sumur dan hampir mati kehausan.

Lalu datang seorang pelacur dari anak-anak Israel yang kebetulan melihat. Lantas ia melepaskan sepatunya dan mengambilkan air dan menuang ke sepatunya agar anjing tersebut dapat meminumnya. Dia mendapatkan ampunan Allah karena perbuatannya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement