Selasa 20 Jul 2021 08:26 WIB

Idul Adha dan 4 Pelajaran dari Kisah Nabi Ibrahim AS

Terdapat banyak pelajaran dari kisah keluarga Nabi Ibrahim AS termasuk kurban.

Terdapat banyak pelajaran dari kisah keluarga Nabi Ibrahim AS. Ilustrasi wuquf.
Foto:

Allāhu akbar wa lillāhil hamd 

Pelajaran ketiga, qurban sebagai realisasi keadilan sosial

Idul Adlha yang juga lazim dinamai Idul Qurban mengandung konotasi pemaknaan  dimensi sosial. Pemaknaan ini tergambar dari komponen pembagian hasil penyembelihan hewan kurban kepada fakir miskin. Di sini, ditujukan untuk menimbulkan nuansa egaliter dalam masyarakat. Sayangnya, pesan ini tidak banyak dipikirkan oleh kebanyakan kaum Muslimin. Padahal, seperti halnya daging kurban, kebaikan adalah sesuatu yang dapat ditularkan. 

Kebanyakan kaum muslimin hanya terpaku pada pemberdayaan keimanan diri sendiri. Menjadi orang yang paling baik dari pada orang lain,  mungkin menjadi prioritasnya. Tetapi lupa, bahwa sebaik-baik manusia adalah manusia yang dapat bermanfaat bagi orang lain. Dengan demikian, pemberdayaan masyarakat menjadi kata kuncinya.

Di musim Covid-19 ini, banyak saudara kita yang kurang beruntung, kehilangan pekerjaan, kesulitan mencari lapangan pekerjaan, selalu dihantui kecemasan. Maka di hari Idil Adha ini kepedulian kita kepada sesama sebaiknya tidak terbatas hanya pada pembagian daging qurban semata, tetapi lebih dari itu yaitu kita senantiasa ada kepedulian kepada sesama, antara lain mencari jalan keluar agar saudara-saudara yang kurang beruntung mendapat kehidupan yang layak.

Allāhu akbar wa lillāhiil hamd

Pelajaran keempat, cinta Tanah Air yang aman dan damai

Ibrahim AS secara ekplisit menyebut negeri yang aman sebanyak  dua kali dalam do'anya. Ini menunjukkan bahwa Ibrahim AS sangat merindukan negeri yang aman. Allah swt berfirman:

-و إذ قال إبرهــمُ ربّ اجعلْ هذا بَلدا ءامنا وارزقْ أهْلَه من الثمرت  (البقرة: 126)

-و إذ قال إبرهــمُ ربّ اجعلْ هذا البَلد ءامنا  (إبراهيم: 35)

Pada kedua ayat itu disebutkan kata balad  dan al-balad. Dalam Bahasa Arab balad  artinya kampung, kota, atau negri. Dalam Alquran tidak disebutkan konsep negara secara pasti. Ini menunjukkan bahwa pengelolaan negara diserahkan kepada negaranya masing-masing. Yang dimunculkan dalam al-Quran adalah prinsip-prinsipnya secara umum, misalnya: musyawarah, berkeadilan, dan lain-lain.

Pada ayat itu disebutkan, bahwa Ibrahim AS sangat menginginkan negeri yang aman dan makmur. Dalam surat Quraisy disebutkan dua hal yang senada dengan ayat di atas yaitu mencakup aț’amahum min jū' (memberi makanan untuk menghilangkan kelaparan) yang dalam konteks ke-Indonesiaan direalisasikan dalam bentuk ketahanan pangan, dan āmanahum min khauf  (aman dari rasa ketakutan) yang dalam konteks ke-Indonesiaan bisa direalisasikan antara lain dalam bentuk bela negara. Dengan demikian, mari kita jaga keamanan, keimanan,  dan kemakmuran negara kita ini, sehingga kita termasuk manusia yang bersyukur atas nikmat yang telah dikaruniakan-Nya. 

بارك الله لي ولكم في القرآن العظيم و نفعني وإياّكم بالآيات والذكر الحكيم، وتقبّل منّي ومنكم تلاوته إنّه هو السميع العليم  

 

KHUTBAH KEDUA

الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر، الله أكبر ، لا إله إلاّ الله والله أكبر، الله أكبر و لله الحمد.

إنّ الحمد لله، نحمده ونستعينه و نستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيّئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضلله فلا هادي له، أشهد أن لا إله إلاّ الله وحده، لا شريك له، وأشهد أن محمّدا عبده و رسوله، لا نبيَّ بَعدِه . اللهم صلّ و سلّم على سيّدنا محمّد وعلى آله وأصحابه أجمعين. قال الله تعالى: إن الله وملائكته يصلّون على النبيّ يا أيها الذين آمنوا صلّوا عليه وسلّموا تسليما، اللّهم صلّ وسلّم على سيّدنا محمّد وعلى آله وصحبه أجمعين.

اللّهم أعزّ الإسلام والمسلمين وأهلك الكفرة والمبتدعة والمشركين ودمّر أعدائك أعداء الدين ، اللّهم ادفع عنّا الغلاء والوباء والرباء والزلازل والمحن وسوء الفتن ما ظهر منها وما بطن، عن بلدنا هذا خاصة وعن سائر بلدان المسلمين عامة يا ربّ العالمين، اللّهم اغفر للمسلمين والمسلمات والمؤمنين والمؤمنات الأحياء منهم والأموات إنّك سميع قريب مجيب الدعوات، يا قاضي الحاجات، ربنا آتنا فى الدنيا حسنة و في الآخرة حسنة وقنا عذاب النار.

عباد الله، إنّ الله يأمركم بالعدل والإحسان وإيتاء ذي القربى وينهى عن الفخشاء والمنكر والبغي يعظكم لعلّكم تذكّرون فاذكر الله العظيم يذكركم واشكروه على نعمه يزدكم واسألوه من فضله يعطكم، ولذكر الله أكبر. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement