Ahad 12 Jul 2020 19:11 WIB

Dewan Gereja Dunia Minta Erdogan Kembalikan Hagia Sophia

Dewan Gereja Dunia mengatakan mewakili lebih dari 500 juta suara orang Kristen.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Dewan Gereja Dunia Minta Erdogan Kembalikan Hagia Sophia. Seorang lelaki berdoa di depan Museum Hagia Sophia di Istanbul, Turki, 10 Juli 2020. Pengadilan administrasi tertinggi Turki pada 10 Juli 2020 memutuskan bahwa museum yang dulunya sebuah masjid yang dibangun di katedral dapat diubah menjadi masjid lagi dengan menganilasinya. status sebagai museum.
Foto:

Sejarah kompleks Hagia Sophia dimulai pada 537 ketika kaisar Byzantium Justinianus membangun gereja besar yang menghadap ke pelabuhan Tanduk Emas. Dengan kubahnya yang besar, bangunan itu diyakini sebagai gereja dan bangunan terbesar di dunia.

Bangunan itu tetap di tangan Byzantium selama berabad-abad terpisah dari momen singkat pada 1204 ketika tentara Salib menyerbu kota pada 1453. Dalam sebuah pukulan telak ke Byzantium, Sultan Ottoman Mehmed II merebut Istanbul (sebelumnya dikenal sebagai Konstantinopel) dan pemenangnya melakukan sholat Jumat di dalam Hagia Sophia.  

Ottoman pun segera mengubah bangunan menjadi masjid, menambahkan empat menara ke luar dan menutupi ikon Kristen dan mozaik emas dengan panel kaligrafi agama Arab. Setelah berabad-abad di jantung kerajaan Ottoman Muslim, Hagia Sophia berubah menjadi museum pada 1934 dalam upaya membuat Turki lebih sekuler.  

Hari ini Hagia Sophia adalah situs wisata paling populer di Turki, menarik lebih dari 3,7 juta pengunjung per tahun. Sedangkan di masa Erdogan, status Hagia Sophia dikembalikan menjadi masjid. 

 

https://www.bbc.com/news/world-europe-53375739

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement