Kamis 09 Jul 2020 16:08 WIB

Belum Ada Jamaah Salurkan Hewan Qurban ke Masjid Istiqlal

Antusiasme umat berqurban di Masjid Istiqlal belum terlihat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Belum Ada Jamaah Salurkan Hewan Qurban ke Masjid Istiqlal.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Belum Ada Jamaah Salurkan Hewan Qurban ke Masjid Istiqlal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berbeda dengan antusiasme berzakat umat di Ramadhan kemarin yang cukup tinggi, antusiasme itu nampak berbeda di perayaan Idul Adha atau musim qurban seperti sekarang di Masjid Istiqlal.

Kepala Humas Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan, antusiasme qurban belum terlihat tinggi di musim qurban tahun ini. Hingga saat ini, dia mengaku belum mendapatkan jamaah yang menyalurkan hewan qurbannya ke Masjid Istiqlal.

Baca Juga

“Baru ada yang tanya-tanya saja (untuk berqurban). Tidak tinggi seperti tahun lalu,” kata Abu saat dihubungi Republika.co.id, Kamis (9/7).

photo
Syarat Penyembelihan Hewan Qurban Saat Covid-19 - (Republika.co.id)

Seiring dengan hal tersebut di masa pandemi virus corona jenis baru (Covid-19) ini, Abu juga belum dapat mengambil keputusan mengenai bagaimana sikap Masjid Istiqlal terhadap perayaan Idul Adha. Hal itu akan ditindaklanjuti lebih jauh dengan menimbang kondisi yang ada.

Masjid Istiqlal, kata dia, akan berusaha menyesuaikan diri dengan kondisi pandemi Covid-19 dengan mengikuti aturan yang diterapkan pemerintah. Hingga kini pun, Masjid Istiqlal belum dapat memutuskan menggelar atau mengadakan sholat Idul Adha.

Dia pun mengabarkan Masjid Istiqlal masih fokus pada tahapan renovasi masjid. Sehingga sambil menunggu kondisi yang ada dan keputusan pemerintah, Abu menyebut belum dapat mengambil sikap lebih jauh terkait qurban.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement