Kamis 18 Jun 2020 19:24 WIB

Senang Nongkrong di Pinggir Jalan? Ternyata Ada Adabnya Lho!

Rasulullah mengingatkan para sahabat menghindari duduk di pinggir jalan.

Senang Nongkrong di Pinggir Jalan? Ternyata Ada Adabnya Lho!. Pejalan kaki (ilustrasi)
Foto:

Menjawab salam

Salam merupakan simbol persatuan dan media kasih sayang kaum muslimin. Menjawab salam hukumnya wajib bagi orang yang mendengar ucapan salam dari saudaranya sesama muslim. Jika yang memberi salam adalah non-muslim, dijawab dengan ucapan wa’alaikum.

Dalam salam terkandung doa mujarab rasa kasih sayang sesama. Sabda Rasul SAW:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَا تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ حَتَّى تُؤْمِنُوا، وَلَا تُؤْمِنُوا حَتَّى تَحَابُّوا، أَفَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى أَمْرٍ إِذَا فَعَلْتُمُوهُ تَحَابَبْتُمْ أَفْشُوا السَّلَامَ بَيْنَكُمْ (رواه أبو داود)

Dari Abu Hurairah berkata: Rasulullah Saw bersabda: “Demi dzat yang jiwaku berada dalam genggaman-Nya, kalian tidak akan masuk surga sampai kalian beriman, dan kalian belum beriman sampai kalian saling mencintai, maukah kalian aku tunjukkan satu perkara yang apabila kalian melakukannya kalian akan saling mencintai? Tebarkanlah salam di antara kalian.” (HR. Abu Daud)

Menyeru kepada kebaikan dan mencegah kemungkaran

Aktivitas amar ma’ruf nahi munkar adalah kunci kehidupan beragama dan para Nabi diutus menyampaikan risalah Islam dengan pendekatan ini. Imam al-Gahazali dalam Ihya Ulumiddin, menuturkan amar ma’ruf dan nahi munkar adalah kutub terbesar dalam agama.

Begitu penting dan karenanya Allah mengutus para Nabi. Jika ia hilang, syiar nubuwwah (kenabian) pun hilang, agama rusak, kesesatan tersebar, kebodohan merajalela, satu negeri dan umatnya akan hancur binasa (Ihya’ Ulumiddin, vol. VII/1186)

Amar ma’ruf dan nahi munkar merupakan tugas mulia setiap mukmin dan  akan diberi pahala seperti bersedekah. Sabdanya yang diriwayatkan dari sahabat Abu Dzar ra.:

… وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ، وَنَهْيٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ… (رواه مسلم)

“Menyeru kepada kebaikan itu merupakan sedekah, dan mencegah kemunkaran itu sedekah…” (HR. Muslim). Wallahu a’lam.

Baca juga: https://www.suaramuhammadiyah.id/2020/06/18/memenuhi-hak-pengguna-jalan/

 

sumber : Suara Muhammadiyah
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement