Kamis 18 Jun 2020 23:32 WIB

Masjid di Barking Inggris Buka Tur Virtual

Masjid dan komunitas Muslim siap mengambil peran selama lockdown.

Rep: Rizky Suryarandika./ Red: Muhammad Hafil
Masjid di Barking Inggris Buka Tur Virtual. Foto ilustrasi: Masjid Ramadan di Hackney, distrik di timur London, Inggris.
Foto: muslimsinbritain
Masjid di Barking Inggris Buka Tur Virtual. Foto ilustrasi: Masjid Ramadan di Hackney, distrik di timur London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Masjid Al Madina di jalan Victoria, Barking, Inggris membuka tur virtual untuk umum mulai 19-21 Juni. Kegiatan ini sebagai bagian dari kampanye hari berkunjung ke Masjid atau #VisitMyMosqueDay.

Kegiatan tersebut merupakan satu dari sekian banyak tur virtual Masjid yang diadakan oleh Dewan Muslim Inggris (MCB). Sekjen MCB Harun Khan menyebut tahun ini Masjid bukan dikunjungi masyarakat, melainkan sebaliknya.

Baca Juga

Kegiatan #VisitMyMosqueDay tak hanya tur virtual Masjid saja. MCB mengadakan juga penyaluran makanan hasil sumbangan atau masak sendiri dan pemberian peralatan perlindungan diri dari virus corona.

"Peran komunitas agama adalah mendukung masyarakat yang paling rentan selama lockdown tiga bulan terakhir ini akibat pandemi corona," kata Harun dilansir dari Barking and Dagenham Post pada Kamis (18/6).

Harun menyatakan Masjid dan komunitas Muslim siap terus mengambil peran sepanjang lockdown di Inggris. Komunitas Muslim tak bisa berdiam diri menyaksikan dampak penuh lockdown.

"Baik itu lockdown hingga post-lockdown kami tak bisa berdiam saja," ujar Harun.

Sementara itu, kegiatan #VisitMyMosqueDay didukung oleh  The Great Get Together. Bagian kampanye The Great Get Together, Su Moore mengapresiasi kegiatan itu.

"Tahun ini kami fokus akan apa yang bisa dilakukan ketimbang yang tak bisa dilakukan, jadi kami bangga bisa mengajak orang dalam tur virtual Masjid ini," ucap Moore.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement