Selasa 19 May 2020 23:14 WIB

Rekonstruksi Masjid Umayyah Sudah Dimulai

Masjid Umayyah akan dipugar kembali.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Muhammad Hafil
Rekonstruksi Masjid Umayyah Sudah Dimulai. Foto: Menara Masjid Umayyah Damaskus, Suriah.
Foto: anthrocivitas.net
Rekonstruksi Masjid Umayyah Sudah Dimulai. Foto: Menara Masjid Umayyah Damaskus, Suriah.

REPUBLIKA.CO.ID, ALEPPO -- Proyek perbaikan Masjid Umayyah di Aleppo, Suriah, saat ini tengah berlangsung. Pembangunan kembali masjid bersejarah Suriah itu dilakukan untuk mengembalikan berbagai fitur terkenal yang melekat pada bangunan budaya kuno ikonik tersebut.

Restorasi masjid dilakukan setelah masjid tersebut dirusak oleh teroris. Sejak pembangunannya, bangunan masjid Umayyah tetap kokoh dan selamat dari gempa bumi paling parah yang melanda kota Aleppo. Hingga akhirnya bangunan masjid hancur oleh aksi teroris Takfiri.

Baca Juga

Kini, sebuah tim ahli tengah bekerja keras untuk membangun kembali batu yang rusak yang menampilkan pola-pola Islam dan ayat-ayat Alquran pada masjid tersebut. Mereka berupaya untuk meniru ukiran asli yang berasal dari 1.300 tahun yang lalu.

Selain tukang batu, tukang kayu juga turut bekerja untuk melapisi mendekorasi lengkungan dan pintu kayu yang akan segera dipasang. Sedangkan pekerja lain sibuk membangun kembali menara yang diledakkan oleh teroris menggunakan bahan peledak. Pekerjaan yang dilakukan mereka telah mencatat kemajuan dalam menemukan dan membangun kembali fondasi asli hingga ke tangga yang berliku.

Dilansir di The Syruan Observer, Selasa (19/5), pemugaran fasad halaman masjid hampir rampung. Sementara pekerjaan interior juga hampir rampung. Hal itu karena dinding dan pilar telah diperbaiki bersamaan dengan sistem ventilasi, listrik dan penerangan.

Selain itu, perbaikan kuil Zachariah juga telah dirampungkan. Sedangkan pekerjaan saat ini telah mulai merenovasi bagian timur masjid, yang saling terkait dengan souq antik (pasar). Masjid yang dibangun pada abad ke-8 ini mengalami perbaikan dan pemulihan menyeluruh mulai tahun 1999 dan selesai pada 2006.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement