Kamis 07 May 2020 12:03 WIB
Uslam

Kedatangan Islam Pertama dan Pengembara Arab di Nusantara

Kedatangan Islam Pertama

Kedatngan para pedagang Arab di Nusantara (ilustrasi).
Foto:

Tidaklah dicatat di dalam sejarah-sejarah Islam yang besar permulaan masuknya Islam ke Nusantara umumnya. Sebab pengembara Muslim yang datang ke Indonesia itu, bukanlah ekspedisi resmi dari Khalif di Damaskus atau di Baghdad. Dan pengembaranya bukanlah orang yang membawa senjata, melainkan orang yang berniaga dan berdagang.Mereka datang ke tanah air kita dengan sukarela.

Kerajaan Hindu atau Budha, masih kuat dan teguh. Kerajaan Sriwijaya di Sumatera, Kerajaan Kalingga di tanah Jawa, dan Kerajaan Hindu yang lain di tempat lain, masih dalam keadaan sangat kuat kuasanya. Sebab itu maka pengembara-pengembara yang pertama itu belumlah dapat dengan leluasa menyampaikan da' wahnya kepada penduduk. Bahkan seketika mereka coba mencecerkan pundi-pundi emas di tengah jalan raya, tidak ada orang yang berani mengambil, karena takut kena murkanya sang Ratu.

Dan sang Ratu sendiri pun tidaklah ragu-ragu menjatuhkan hukuman memotong kaki Putera Mahkotanya, seketika dia mencoba menyepakkan pundi-pundi emas kepunyaan "Orang Arab" itu.

Pelajaran "ke bawah angin" ini masih sukar dilakukan. Tetapi orang Arab, atau orang Islam itu, masih tetap meramaikan pelayaran dan perniagaan melalui Selat Malaka, sehingga sampai ke Tiongkok. Di Kanton pernah berdiri sebuah. markas perdagangan orang Arab.

Oleh sebab itu tersebutlah nama pulau-pulau di negeri kita ini dalam catatan Al Idrisi dan Al Mas'udi, dan kemudian lebih jelas lagi pada tulisan Ibnu Bathuthah. Bahkan menjadi ceritera khayal yang indah dalam cerita Waq-Waq, yang payah buat memindahkan daripada pulau Fak-Fak di daerah Irian Jaya.

Tambahan lagi, belum akan begitu populer kedudukan pengembara-pengembara yang permulaan itu kepada anak negeri. Mereka dihormati, tetapi belum diikuti, dihormati karena kebersihannya, mencuci muka sekurangnya 5 kali sehari dan mandi sekurangnya dua kali sehari. Tetapi belum diikuti, sebab raja masih dipandang Tuhan!

Menilik kepada sejarah itu, dapatlah kita menentukan letak sejarah, bahwa Islam masuk ke Indonesia sejak abadnya yang pertama. Pencatat sejarah Dunia Islam dari Princeton University di Amerika sudah memegang teguh ketentuan ini dan menyatakan bahwa masuknya Islam ke mari ialah di abad ketujuh, tegasnya pada qurunnya yang pertama.

Tetapi seorang Ulama tua yang berminat besar kepada sejarah Islam di tanah air kita, Indonesia dan Semenanjung Tanah Melayu, yaitu Mufti Kerajaan Johor Said Alwi bin Taher Al Hadad menganut pendapat, bahwa telah pun dahulu dari zaman Yazid bin Mu'awiyah, yaitu di zaman Khalifah Ketiga, Utsman bin Affan. Beliau tunjukkan nomor-nomor sumber buku bacaannya dalam

Museum Jakarta, sehingga Za'ba sarjana dan pandita bahasa Melayu yang terkenal itu, telah dengan sengaja pada tahun 1956 datang ke Jawa dan mencari buku tersebut di Museum; sayang tidak beliau jumpai.

Dalam buku-buku bahasa Arab sendiri daripada tarikh-tarikh yang muktabar, belumlah bertemu isyarat ke jurusan itu. Yang tertulis di sana hanyalah masuknya ekspedisi Amr bin Ash ke Mesir, Okbah bin Nafi' ke Afrika, Thariq bin Ziyad ke Andalusia, Mohammad bin Kasim ke Sind; sebab memang orang-orang itu adalah orang belaka. Dan catatan itu, ada pada pencatat orang Tiongkok.

Kalau demikian, mungkinlah telah ada sehabat-sahabat Nabi, walaupun bukan dari golongan Kubbarish Shahabah (Sahabat-sahabat Nabi yang besar-besar) yang telah menginjak bumi tanah air kita, dan lebih mungkin lagi ada Tabi' in, yaitu generasi Ummat Islam yang berjumpa dengan sahabat Nabi. Tetapi rupanya tidak ada di antara mereka yang meninggal dunia di negeri kita, mereka hanya singgah dan kembali lagi! Karena kalau ada, baik di Barus atau Pariaman (di Sumatera) atau di Kudus atau Jepara atau yang lain, niscaya telah menjadi pusat ziarah yang ramai . .. !

               Keterangan foto: Buku Snuck Hurgronje soal kedatangan Islam di Nusantara.

TAHUN (ABAD XIII), PEREBUTAN PENGARUH TERAKHIR

Barulah di akhir abad ketiga belas, terjadi perebutan pengaruh yang menentukan, antara anutan

yang lama dengan yang baru! 1292 adalah tahun mangkatnya Kertanegara, Prabu Majapahit yang pertama. Baginda yang berusaha menggabungkan agama Shiwa dengan agama Budha, menjadi agama kerajaan.

Prabu Wangi dan Prabu Niskalawastu dan Prabu Dawaniskala memerintah berganti-ganti dalam Kerajaan Galuh (Jawa Barat) dalam keadaan tidak tenteram iagi.

Tetapi di tahun 1292 itu pulalah, kepala kampung di negeri Pasai Samudera (Aceh sekarang), yang bernama Marah Situ, memaklumkan dirinya menjadi sultan yang pertama dari Kerajaan Islam, yang pertama di bumi kita.

Dan bila masuk abad kelima belas, kian lama Hindu kian muram, dan kian lama Islam kian naik, sehingga berhaklah "Abad ketiga betas" dihitung permulaan bersyi'arnya Islam, sebagai suatu faham yang akan menentukan nasib Indonesia di belakang harinya . . . .

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement