Ahad 22 Mar 2020 09:27 WIB
Muhammad

Isra Mi’raj Nbai Muhammad SAW Menurut Syekh Al-Palimbani

Risalah Lathifah Fi bayan Isra’ Wal Mi’raj Syaikh Abdu al-Shamad al-Falimbani.

Ilustrasi Isra Miraj(MGIT03)
Foto:

Sebenarnya Al-Falimbani tidak terlalu rinci menjelaskan perbedan pandangan para ulama tentang jasad atau ruh, tetapi ia menjelaskan bahwa sebelum Rasulallah Isra Mi’raj, terlebih dahulu di sucikan dengan cara dibersihkan hatinya oleh malaikat Jibril. Setelah itu barulah nabi di perjalankan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa kemudian naik ke langit.

Disamping itu Al-Falimbani merincikan tempat-tempat yang dijumpai oleh baginda Rasullah disaat perjalanan Isra antara lain:

a. Diperintahkan sholat dua rakaat didekat pohon khirman yang terletak dinegeri Madinah.

b. Diperintahkan sholat dua rakaat di negeri madyan yaitu tempat nabi Musa mendengar firman Allah

c. Singgah dibukit Tursina yaitu tempat Nabi Musa berkata-kata dengan Allah dan shalat dua rakaat.

d. Singgah di Baitlehem dan sholat dua rakaat yaitu tempat dilahirkannya Nabi Isa As.

Selepas dari sini Sang Nabi Muhammad ketemu Jin Ifrit yang membawa bara api sehingga Nabi diajarkan oleh Malaikat jibril doa untuk membakar Jin Ifrit.

e.  Singgah disuatu desa penduduknya sedang memanen padi yang subur. Menurut penjelasan jibril merekalah orang jihad dijalan allah sehingga pahalanya berlipat-lipat.

f.  Singgah ditempat yang sangat harum semerbak. Menurut penjelasan Jibril itu adalah bau wangi dari Siti Masyitah.

g. Melihat orang yang disiksa tiada henti. Menurut penjelasan jibril itu adalah umat Muhammad yang meninggalkan shalat.

h.  Singgah disuatu tempat penduduknya hanya berpakaian yang menuruti kemaluannya saja dan disiksa dengan siksaan yang pedih dengan disuruh makan duri yang rasanya sangat pahit. Mereka adalah orang-orang yang sungkan bayar zakat.

i.  Singgah disuatu kaum yang memakan daging yang busuk padahal ada yang segar dan baik. Mereka adalah orang yang selingkuh

j.  Melihat laki-laki yang sedang berenang dengan memasukkan batu yang besar dimulutnya. Mereka adalah orang yang memakan harta riba

k.  Melihat seseorang yang memotong lidah dan mulutnya sendiri mereka adalah pemabuk.

Saat Nabi miraj Ia melihat langit yang sangat indah dengan berbagai lapis dari yang berlapis perak sampai berlapir emas.

Menurut alfalimbani langit ada 10 tingkatan. Kedelapan itu kursi, tingkat yang kesembilan itu suara lauhul mahfudz dan kesepuluh aras.

Langit pertama bernama pintu hafazhoh dan ada padanya itu malaikat yang bernama isma’il ialah yang menunggu pintu langit yang pertama. Langit itu dari pada emas dan tempat diam malaikat itu daripada hawa tiada ia menaik ke langit dunia sekali-sekali dan tiada ia turun ke bumi sekali-sekali melainkan ketika wafat rasulullah saw. Kala Rasullah Saw wafat malaikat turun saat itu beberapa malaikat karena ia membesarkan akan rasulullah Sw. Dan pada hadapan malaikat yang menunggu pintu langit yang pertama itu terdapat tujuh puluh ribu malaikat yang punya tentara. Pada tiap-tiap tentara malaikat terdapat seratus ribu malaikat.

Dilangit yang pertama ini Rasullah bertemu Nabi Adam .Di langit yang dua memliki gerbang berupa batu yang besar berwarna putih lalu Rasullah bertemu dengan Nabi Isa dan Yahya yang duduk diatas kursi emas.

Di langit yang ketiga memliki gerbang berupa besi dan bertemu dengan Nabiyullah Yusuf Alaihi As-salam. Di langit yang keempat memliki gerbang berupa tembaga dan bertemu Nabi Idris.  Di langit yang kelima memliki gerbang berupa perak dan bertemu Nabi Harun dan disekelilingnya bani Israil. Di langit yang keenam memliki gerbang berupa emas dan bertemu nabi Musa yang tinggi pendiriannya, berbulu  dan merah kulitnya serta kuat.

Di langit yang ketujuh ini memiliki gerbang yang terbuat dari manikam yang merah dan bertemu dengan Nabi Ibrahim yang duduk diatas kursi yang terbuat dari permata hijau dibelakangnya Baitul Makmur. Kemudia nabi naik ke langgit yang kedelapan, namun tidak ada tempat miraj lagi. Disana Ia ketemu dengan kursi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement