Jumat 06 Mar 2020 17:36 WIB

Salimah Gelar Muktamar V di Jakarta

Muktamar V Salimah mengambil tema Tingkatkan Kemitraan Menuju Indonesia Unggul 

Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (Salimah) menyelenggarakan Muktamar Kelima yang akan berlangsung dari tanggal 6-8 Maret 2020 di Hotel Millenium, Jakarta bertema, “Meningkatkan Kemitraan Organisasi Menuju Indonesia Unggul.”
Foto: Dok PP Salimah
Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (Salimah) menyelenggarakan Muktamar Kelima yang akan berlangsung dari tanggal 6-8 Maret 2020 di Hotel Millenium, Jakarta bertema, “Meningkatkan Kemitraan Organisasi Menuju Indonesia Unggul.”

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Pimpinan Pusat Persaudaraan Muslimah (Salimah) menyelenggarakan Muktamar Kelima yang akan berlangsung dari tanggal 6-8 Maret 2020 di Hotel Millenium, Jakarta bertema, “Meningkatkan Kemitraan Organisasi Menuju Indonesia Unggul.”

Muktamar sebagai musyawarah tertinggi organisasi yang diselenggarakan lima tahun sekali ini untuk  memilih Ketua Umum PP Salimah 2020-2025, menetapkan Garis Besar Haluan Organisasi dan AD/ART akan dihadiri oleh lebih dua ratus peserta dan peninjau dari 34 provinsi dan Perwakilan Salimah Luar Negeri  (PSLN Taiwan). 

Ketua Umum periode 2015 - 2020, Siti Faizah mengatakan, sebagai makhluk sosial, kemitraan merupakan sebuah kebutuhan asasi, keniscayaan dalam rangka meningkatkan partisipasi Salimah dalam berkarya dan berpartisipasi aktif menuju Indonesia unggul. Bergandengan tangan dengan pemerintah, swasta, media massa serta 96 ormas perempuan nasional yang tergabung di Kongres Wanita Indonesia (Kowani) dan  34 ormas muslimah yang tergabung di Badan Musyawarah Organisasi Islam Wanita Indonesia (BMOIWI)."  

Pada kesempatan ini Penerbit Salimah akan meluncurkan Buku Ketiga dengan judul, 'Salimah Berkisah Tentang Indonesia'. Buku ini merupakan hasil karya Tim Penulis Salimah di tiga puluh empat Provinsi di Indonesia, PSLN Taiwan dan Hongkong. Juga menggambarkan perjalanan kepengurusan Salimah di periode sebelumnya. 

Dalam rangkaian acara Muktamar V ini, juga akan digelar festival Salimah bershalawat. Dan di penghujung acara, dalam memperingati Milad ke 20 Salimah, akan menggelar Konser lagu anak dengan tema  “Berjuta Nada Untuk Anak Indonesia.” Akan didendangkan lagu-lagu karya pengurus Salimah di Indonesia dan sudah didaftarkan untuk mendapatkan Hak Cipta melalui Kementerian Koperasi. 

Sekretaris Umum Salimah, Reny Anggraeny memberikan penghargaan kepada para mitra yang sudah bersinergi dengan Salimah selama ini. Banyak program kerja Salimah yang berjalan, karena mendapat dukungan dari para mitra.

"Penghargaan diantaranya kami berikan kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Kementerian Koperasi (Kemenkop), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Badan Obat dan Makanan (BPOM), Badan Wakaf Indonesia (BWI), Majelis Ulama Indonesia (MUI). Organisasi federasi,  Kowani dan  BMOIWI, mitra kemanusiaan, ACT dan Adara," paparnya.

Salimah juga tidak melupakan sejarah. Dimana capaian saat ini, tidak lepas dari para pengurus sebelum. Karenanya juga disampaikan penghargaan kepada tiga Ketua Umum periode 2000 - 2005 DR Aan Rohana, periode 2005 - 2010 Dra Wiriangingsih, MSi, periode 2010 - 2015 Nurul Hidayati, S.Si, M.BA. Juga kepada para pendiri Salimah. Karena merekalah, Salimah dideklarasikan zainab, Umi Widhiyati, , DR Nursanita Nasution dan Yoyoh Yusroh (almh - diwakili oleh keluarganya). 

Menteri Kelautan dan Perikanan yang diwakili oleh Trisna Ningsih, Direktur Pengolahan dan Bina Mutu, berpesan, terus berinovasi dalam mengolah menu-menu kreatif dalam memanfaatkan sumber ikan.

"Menyambut baik kerjasama antara KKP dengan Salimah, demi meningkatkan sumber daya yang unggul," ujarnya.  

Mewakili Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Maydian Werdiastuti sebelum membuka secara resmi membuka kegiatan Muktamar V Salimah."Semoga dapat berjalan lancar dan menghasilkan program kerja yang responsif," harapannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement