Selasa 25 Feb 2020 23:42 WIB

3 Karakter Hamba Allah SWT yang Baik Menurut Ustadz Arifin

Ustadz Arifin Ilham membeberkan tiga karakter hamba Allah SWT yang baik.

Ustadz Arifin Ilham membeberkan tiga karakter hamba Allah SWT yang baik. Beribadah di masjid pada bulan Ramadhan, ilustrasi
Foto: AP
Ustadz Arifin Ilham membeberkan tiga karakter hamba Allah SWT yang baik. Beribadah di masjid pada bulan Ramadhan, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Orang saleh, berakhlak karimah, hasanah, hajinya mabrur dan orang bertakwa adalah hanya berbeda dalam kata. Adapun hakikat maknanya sama bahwa mereka adalah hamba Allah yang baik. Tiga karakteristik hamba Allah yang baik itu ialah: 

Pertama, dia sangat cinta kepada Allah (QS Al Baqarah [2] : 165), dan itu dibuktikan dengan semangat ketaatan yang luar biasa pada Sang Khalik (QS Al Ankabut [29]:69), serta ikhlas berjuang di jalan-Nya bahkan berkorban demi Kekasih-Nya (QS Al Anfal [8]: 72). 

Baca Juga

Jika seorang hamba melakukan karakteristik pertama ini, sungguh indah, apa yang ia wakafkan tidak hanya hartanya, tetapi jiwa raganya pun Dia wakafkan untuk mencuri hati Kekasih-Nya (QS Al Baqarah [2]: 207). Ia bukan hanya penggemar, melainkan penikmat tahajud (QS Al Muzzammil [73]: 6).

Yang pasti, kita gampang menjumpai hamba yang saleh ini karena setiap shalat fardhu dilakukan, terutama Subuh, Dia ''gantung hatinya'' di masjid (QS At Taubah [9]: 18). 

Dia pun ''penjaga wudhu'' yang apik dan setia. Karena itulah dia disayang Allah SWT (QS Al Baqarah [2]: 222). 

Kedua, hamba ini memiliki satu kesenangan unik: selalu gemar berbuat baik. Ia hanya bahagia bila sudah berbuat baik. Itulah cinta sejati, the true love is pleasure of giving

Sifat dominan ilahiyah, Ar-Rahman dan Ar-Rahim ada pada dirinya. Misi hidupnya jelas, hanya ''sharing'' berkah. Setelah menerima lalu ia akan mengasih, demikian seterusnya. Itulah makna ''terima kasih'' (QS Ad-Dhuha [93]: 11).

Dia akan selalu sukses di dunia dan di akhirat karena sudah memiliki ''kunci sukses'' yaitu ''belas kasih'' (QS At-Taghabun [64]: 16). ''Sungguh Allah akan menolong seorang hamba selama hamba itu menolong hamba yang lain,'' demikian sabda Rasulullah saw. 

Ketiga, dia sangat sibuk memperbaiki dirinya (QS Al Hasyr [59]: 18). Dia sama sekali tidak tertarik mencari kekurangan apalagi aib orang lain (QS Al Hujurat [49]: 12). Istigfar adalah amalannya, hatinya sangat halus, firasatnya tajam. 

Insting rahmatnya kuat, dan air matanya pun gampang menetes (QS Al-Isra [17]: 109). Rasulullah SAW bersabda, ''Tidaklah aku bangun dari tempat dudukku kecuali aku beristigfar 70 sampai dengan 100 kali.''

Subhanallah, ternyata orang yang sangat mencintai Allah itu sesungguhnya merasakan nikmat dalam ''ketaatan''. Dia  gemar berbuat baik dan dia pun asyik memperbaiki dirinya sendiri.   

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement