Senin 24 Feb 2020 05:24 WIB

Doa Ketika Ada Angin Ribut

Doa ini dianjurkan dibaca ketika melihat ada angin ribut.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Doa Ketika Ada Angin Ribut. Foto: Ilustrasi angin ribut.
Foto: Republika/Mardiah
Doa Ketika Ada Angin Ribut. Foto: Ilustrasi angin ribut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Etika dan adab dalam Islam sangat didahulukan. Bahkan disebutkan bahwa adab dan akhlak dulu lah baru ilmu. Salah satu etika yang dianjurkan dilakukan adalah berdoa, tak terkecuali saat kita melihat ada angin ribut atau cuaca sedang buruk.

Dalam buku Kumpulan Doa Berdasarkan Alquran dan Sunah karya Sa'id Ali bin Wahf al-Qahthoni dijabarkan, terdapat doa yang dianjurkan untuk dibaca ketika melihat angin ribut. Doa ini bersumber dari hadits Rasulullah SAW.

Baca Juga

Hadis itu berbunyi: اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

"Allahumma inni as-aluka khairaha wa audzubika min syarri-ha. Yang artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu kebaikan angin ini, dan aku berlindung kepadaMu dari kejelekannya."

 

Hadits ini merupakan riwayat Imam Abu Dawud dan Ibnu Majah. Doa yang bersumber dari Rasulullah ini merupakan cerminan dari akhlak beliau. Bagaimana berdoa menjadi hal yang sarat akan adab itu ditujukan kepda Allah SWT.

Semoga dengan membaca doa ini, Allah senantiasa memberikan naungan serta lindungannya kepada kita semua. Tak hanya itu, semoga Allah juga dapat memberikan rahmat dan pahala bagi hambaNya yang kian berdoa dan berserah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement