Kamis 20 Feb 2020 13:51 WIB

Mengenal Macam-Macam Zakat Harta

Seorang Muslim diwajibkan mengeluarkan zakat untuk menyucikan harta.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Mengenal Macam-Macam Zakat Harta. Hewan ternak (ilustrasi).
Foto: Antara/Rahmad
Pedagang menata perhiasan emas di sentral penjualan emas.

Zakat emas dan perak dihitung zakatnya baik itu telah dicetak maupun belum. Syarat zakat emas dan perak diantaranya Islam, merdeka, milik penuh, mencapai nisab, dan berulang tahun.

Tak hanya emas dan perak, perhiasan juga wajib dizakati. Perhiasan ini adalah emas dan perak yang telah diubah menjadi gelang, kalung, dan barang gunaan yang dipakai. Namun terkait perhiasan ini ada perbedaan mahzab terkait syarat perhiasan yang wajib dizakati.

Tetapi demi kehati-hatian, sebaiknya lebih baik mengeluarkan zakat untuk perhiasan. Nisab perhiasan ini sebesar 20 mitsqal. Satu mitsqal sama dengan satu dinar, sedangkan satu dinar sama dengan 4,46 gram.

Sedangkan yang wajib dikeluarkan adalah satu per 40 atau jika memiliki 20 dinar maka yang dikeluarkan untuk zakat adalah setengah dinar atau 2,20 gram. Nisab emas sama dengan nisab perhiasan. Sedangkan nisab perak sebesar 200 dirham.

Untuk permata, ulama sepakat batu-batu mulia tidak wajib dizakati seperti berlian, permata, yakut, mutiara, marjan, zabarjad, dan pulam. Kecuali mereka diperdagangkan maka wajib dikeluarkan zakatnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement