Ahad 16 Feb 2020 23:09 WIB

Budayakan Literasi, Mobil Juara Rumah Zakat Kunjungi Sekolah

Melalui mobil Juara Rumah Zakat berupaya menyebarkan virus literasi kepada anak-anak

Mobil Juara Rumah Zakat.
Foto: Rumah Zakat
Mobil Juara Rumah Zakat.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Melalui mobil Juara, Rumah Zakat berupaya menyebarkan virus literasi kepada masyarakat khususnya anak-anak. Kamis (13/2) kemarin, Mobil Juara Solo berkunjung ke TK Pertiwi 4 dan SDN Srimulyo, Gondang, Sragen, untuk mengajak anak-anak mencintai kegiatan membaca sejak dini.

Mobil Juara sampai di lokasi pada pukul 09.15 WIB. Guru dan siswa dengan antusias sudah menunggu kedatangan mobil juara ini. Kegiatan hari ini adalah membaca, mononton video, dan bermain.

Baca Juga

“Anak-anak terlihat sangat senang sekali dengan kedatangan mobil juara. Sebanyak 53 anak gembira, terasa saat mereka mendapatkan hadiah bagus saat bisa bercerita,” kata Tine Susilawati, PIC Mobil Juara, dalam siaran persnya.

photo
Buku baru untuk TBM Bangbara.

Untuk menanamkan minat baca, Rumah Zakat beberapa waktu lalu juga menyalurkan buku baru untuk Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Bangbara yang merupakan TBM inisiasi Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat wilayah Subangjaya, Cikole Sukabumi. Mereka menerima donasi buku dari penerbit Sygma Daya Insani.

Program TBM tersebut merupakan pengembangan dari program Rumah Quran Al-Adam di Desa Berdaya Subangjaya. Donasi yang diserahkan ini berisikan 9 buah buku kisah 24 nabi teladan, 5 buah puzel nabi dan rosul serta 2 buah poster 24 nabi dan rasul.

TBM di Kelurahan Subangjaya ini sendiri baru mulai terbentuk diawal Januari tahun 2020 kemarin. Dengan hanya bermodalkan semangat. Reno Julianto, Fasilitator Desa Berdaya Subangjaya blusukan mencari donatur buku untuk TBM bangbara yang di awal pendiriannya masih minim fasilitas.

“Alhamdulillah ada beberapa donatur dari kalangan ibu-ibu yang tergerak hatinya untuk ikut menyumbangkan buku kepada TBM Bangbara, yaitu Ibu Eli, Ibu Dewi, Ibu Kokom dan Ibu Dine dan juga penerbit Sygma Daya Insani yang telah mendonasikan buku 24 nabi dan rasul,” ujarnya.

Penyerahan donasi buku diharapkan bisa meningkatkan minat baca para peserta yang tergabung dalam Rumah Quran Al Adam khususny dan masyarakat sekitar umumnya. Buku-buku yang diberikan juga bisa menjadi bahan referensi bagi warga sekitar yang membutuhkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement