Ahad 16 Feb 2020 13:15 WIB

Dana dan Dompeh Dhuafa Ajak Anak Berbagi Keceriaan di Bulan

Berbeda dengan orang dewasa, kanker pada anak sulit diketahui.

Tampak para peserta wisata Seaworld Ancol berpose bersama, Sabtu (15/2)
Foto: dok istimewa
Tampak para peserta wisata Seaworld Ancol berpose bersama, Sabtu (15/2)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari kanker anak sedunia Setiap 14 Februari pada tiap tahunnya membuat para aktivis kanker memaknainya  dengan berbagai macam kegiatan.  Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran para masyarakat terhadap kanker guna  mendorong pencegahan, deteksi, dan pengobatan kanker. 

PT Espay Debit Koe (Dana) bersama Dompet Dhuafa pada program Peduli Kanker Anak Indonesia Memberikan bantuan biaya berobat atau hidup kepada pasien kangker anak dan Sekaligus memberikan hiburan berkeliling Seaword Ancol, Sabtu (15/02).

"Kegiatan ini bertujuan memberikan hiburan, edukasi, dan meringankan beban para anak penderita kanker dan keluarganya yang terus berikhtiar untuk sembuh dari penyakit kanker, sebanyak 50 anak dan pendamping mengikuti acara," kata Mustaqi selaku perwakilan Dompet Dhuafa dalam keterangan tertulisnya.

Hari Kanker Sedunia dibentuk  Union for International Cancer Control (UICC) untuk mendukung Deklarasi Kanker Dunia, yang dibuat pada tahun 2008. Tujuan utama dari Hari Kanker anak Sedunia adalah untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat kanker secara signifikan pada tahun 2020.

Selain itu, bertujuan untuk memberikan dukungan kepada pejuang kanker agar peran orang tua sangat penting dalam mendeteksi gejala kanker pada anak. Kanker pada anak sangat sulit dideteksi, berbeda dengan kanker pada orang dewasa.

Kanker pada anak memang sulit diketahui, karena anak belum bisa merasakan atau menceritakan keluhannya. Karena itu, orang tua dituntut proaktif terhadap gejala kanker pada anaknya.

Dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk bergaya hidup sehat butuh keterlibatan banyak pihak dan sinergisitas program seperti ini. Kerjasama antara pemerintah dan lembaga kesehatan swasta perlu ditingkatkan, karena target besar untuk menuju Indonesia sehat akan lebih mudah bila dijalankan bersama-sama.

Dompet Dhuafa akan terus  memberikan dukungan bagi para penyintas penyakit kanker. Bentuk dukungan yang akan diberikan melalui pendekatan- pendekatan psikososial, spiritual bagi pasien dan keluarga, serta advokasi baik kebijakan ataupun dukungan pemerintah atau instansi.

Sehingga para penyintas penyakit kanker mendapatkan layanan yang mendukung kualitas hidup hingga akhir kehidupan mereka. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement