Kamis 13 Feb 2020 05:45 WIB

Putri Kesayangan Nabi Muhammad yang Lahir pada Jumadil Akhir

Fatimah merupakan putri bungsu Nabi Muhammad SAW dan Khadijah.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Ani Nursalikah
Masjid Fatimah Az Zahra di tepi laut merah kawasan Jeddah.
Foto:

Karena itu, julukan Ummu Abiha disematkan padanya karena Fatimah seakan juga menjadi ibu bagi Rasulullah SAW dalam mengemban risalah Islam. Di sini, Fatimah az-Zahra disebut merupakan salah satu pengawal Rasulullah SAW yang dipercaya menjaga rahasia beliau, setelah Anas bin Malik RA dan Hudzaifah bin al-Yaman RA.

Rasulullah SAW teramat sangat menyayangi putrinya ini, mengalahkan rasa sayang beliau kepada istri beliau. Setiap kali Rasulullah SAW akan bepergian, orang pertama yang ditemuinya ialah Fatimah az-Zahra.

Bahkan, istri Rasulullah, Siti Aisyah RA, pernah berkata, "Aku tidak melihat seseorang yang perkataannya dan pembicaraannya menyerupai Rasulullah selain Fatimah. Jika ia datang mengunjungi Rasulullah, Rasulullah berdiri lalu menciumnya dan menyambut dengan hangat. Begitu juga sebaliknya, yang diperbuat Fatimah bila Rasulullah datang mengunjunginya."

Kehidupan Fatimah az-Zahra pun tidak pernah jauh dari Rasulullah SAW, kecuali, setelah ia dinikahkan dengan Ali bin Abi Thalib RA. Keduanya dinikahkan pada tahun 2 Hijriyah. Pernikahan mereka ini dikaruniai empat anak, yakni dua putra (Hasan dan Husein) dan dua putri (Zainab dan Ummu Kultsum). Sedangkan satu anak Fatimah, menurut riwayat bernama Muhsin, meninggal saat masih kecil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement