Selasa 04 Feb 2020 15:57 WIB

Gubernur Sumbar Temui Menag Bahas Persiapan MTQ 2020

Pemprov Sumbar menjadi tuan rumah MTQ 2020.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Gubernur Sumbar Temui Menag Bahas Persiapan MTQ 2020. Foto: Irwan Prayitno - Gubernur Sumatra Barat
Foto: Republika/Wihdan
Gubernur Sumbar Temui Menag Bahas Persiapan MTQ 2020. Foto: Irwan Prayitno - Gubernur Sumatra Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno menemui Menteri Agama Fachrul Razi di Kantor Kementerian Agama, Selasa (4/2). Irwan menemui Menag Fachrul untuk menyampaikan persiapan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke XXVIII tahun 2020 yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

"Jadi kita tadi bertemu dengan Bapak Menteri Agama itu untuk menyampaikan progres persiapan MTQ Nasional di Sumatra Barat sebagai tuan rumah," kata Iwan Prayitno kepada wartawan di Kantor Kementerian Agama.

Baca Juga

Iwan mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat telah menjadwalkan perhelatan MTQ Nasional berlangsung pada 22-28 Agustus 2020. Ia berharap pembukaan perhelatan ini dibukan Presiden RI Joko Widodo.

"Alhamdulillah kita sudah tetapkan tanggalnya sesuai dengan kesediaan Pak Menteri yaitu tanggal 22-28 Agustus kita buka dan mudah-mudahan berkenan bapak Presiden RI bisa hadir," katanya.

Dalam pertemuan tersebut, Irwan mengaku mendapat arahan khusus dari Menteri Fachrul Razi, agar MTQ Nasional ini mengusung teman kemajmukan, dengan mengundang etnik dan kelompok-kelompok di luar agama. Mereka harus diajak untuk bisa ikut aktif berpartisipasi di dalam pembukaan maupun penutupan MTQ Nasional nanti. "Sehingga menjadi suatu wujud acara MTQ yang bernuansa NKRI," katanya.

Iwan menuturkan, beberapa hal yang dilaporkan saat bertemu Menag Fachrul Razi itu di antaranya terkait persiapan di beberapa tempat seperti hotel, rumah sakit, dan tempat-tempat pariwisata.  "Mulai dari tempat, pembukaan dan penutupan kita sampaikan semua," katanya.

Menurutnya, akan ada banyak agenda dalam perhelatan MTQ Nasional nanti, termasuk pertemuan para tokoh nasional. Pemprov Sumbar berkomitmen menyukseskan agenda nasional ini penuh kemajmukan dan toleransi antar umat beragama.

"Kegiatan tambahannya ada beberapa pertemuan para tokoh sesuai arahan dari Pak Menteri, sebelum tanggal 22 dan satu hari menjelang penutupan 28 itu ada kegiatan yang kita sinergikan dari program nasional," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement