Selasa 28 Jan 2020 23:26 WIB

RSUD Depok Jalin Kerja Sama Pelayanan Rohani dengan DD

Pelayanan bimbingan rohani sebagai terapi nonmedis dalam proses pemulihan pasien

ompet Dhuafa bekerja sama dengan RSUD Kota Depok dalam hal pelayanan Bimbingan Rohani Pasien (BRP) dan Bagian Pemulasaran Jenazah (Barzah) untuk mengakomodir kebutuhan mobil jenazah bagi kaum dhuafa.
Foto: Dompet Dhuafa
ompet Dhuafa bekerja sama dengan RSUD Kota Depok dalam hal pelayanan Bimbingan Rohani Pasien (BRP) dan Bagian Pemulasaran Jenazah (Barzah) untuk mengakomodir kebutuhan mobil jenazah bagi kaum dhuafa.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok, Jawa Barat  menjalin kerjasama dengan Dompet Dhuafa, dalam program pelayanan rohani  yang mencangkup Bimbingan Rohani Islam (BRP) dan Badan Pemulasaran Jenazah (Barzah). Nota kesepakatan tersebut ditandatangani oleh dr. Devi Maryoni, MKM , selaku Direktur RSUD Kota Depok, dan Ahmad Shonhaji, MM  selaku Direktur Budaya,  Dakwah dan Layanan Masyarakat (BDLM) Dompet Dhuafa dan dilanjutkan dengan kegiatan training Fiqh Sakit Praktis bagi 34 tenaga kesehatan pada Selasa (28/1), di ruang Rapat Gedung BD RSUD Kota Depok, Jawa Barat.

Ahmad Shonhaji menuturkan, pelayanan bimbingan rohani sebagai terapi nonmedis dalam proses pemulihan pasien melalui pendekatan aspek spiritual. Bertujuan memberikan ketenangan dan kesejukan hati melalui dorongan dan motivasi untuk tetap bersabar, bertawakal atas ujian yang dialami dan senantiasa menjalankan kewajibannya sebagai umat.

"Bimbingan tersebut merupakan bagian integral dari bentuk pelayanan kesehatan dalam upaya pemenuhan kebutuhan bio–psycho–socio–spiritual. Dalam tindak lanjut pelayanan Bimbingan Rohani Pasien, dilanjutkan dengan pelayan home care bagi pasien berkebutuhan khusus pascamenjalani perawatan di rumah sakit," ujar Ustaz Ahmad Shonhaji dalam siaran persnya.

Pada kesempatan ini, Dompet Dhuafa bekerja sama dengan RSUD Kota Depok dalam hal pelayanan Bimbingan Rohani Pasien (BRP) dan Bagian Pemulasaran Jenazah (Barzah) untuk mengakomodir kebutuhan mobil jenazah bagi kaum dhuafa.

Sementara itu, dr. Devi Maryoni menyampaikan, bahwa pelayanan kerohanian Islam di rumah sakit menjadi bagian penilaian akreditasi dan pemenuhan kebutuhan spiritual bagi pasien. Pelayanan ini juga sangat berguna para pasien dalam proses pemulihan terlebih bagi pasien kritis agar mereka bisa meraih khustnul khotimah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Dompet Dhuafa yang berkenan menjalin kerjasama dengan kami yang dilanjutkan pelatihan fiqh sakit bagi tenaga medis. Saya berharap ilmu yang didapatkan bisa dipraktekan untuk menuntun ibadah para pasien," ungkap dr. Devi Maryoni, di sela-sela sambutannya.

Bimbingan Rohani Pasien Dompet Dhuafa sendiri telah terlaksana sejak 2005 dengan bermitra bersama sejumlah Rumah Sakit, di antaranya RSUP Fatmawati, RS PMI Bogor, RSU Kabupaten Tangerang, RSU Balaraja Tangerang, RSUD Kota Bekasi, RS Jiwa Soeharto Heerdjan, RSUD Pasar Minggu dan beberapa Yayasan Rehabilitasi Ganguan Kejiwaan dan Mental di Bekasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement