Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Jumat, 27 Jumadil Akhir 1441 / 21 Februari 2020

Hukum Harus Adil, Ini Aturan Islam Bagi Hakim

Jumat 24 Jan 2020 08:09 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Hukum Harus Adil, Ini Aturan Islam Bagi Hakim

Hukum Harus Adil, Ini Aturan Islam Bagi Hakim

Foto: Blogspot.com
Hakim harus tahu dan menjalani tata cara mengadili dengan sebijak-bijaknya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam Islam, perkara keadilan adalah hal yang harus ditegakkan tanpa pandang bulu. Tentang bagaimana keadilan itu perlu ditegakkan, para hakim pun harus tahu dan menjalani tata cara mengadili dengan sebijak-bijaknya.

Para ulama sepakat hakim harus memberikan perlakuan yang sama terhadap kedua orang yang sedang berperkara. Dalam kitab Bidayatul Mujtahid wa Nihayatul Muqtashid karya Ibnu Rusyd dijelaskan, seorang hakim dilarang hanya mendengarkan keterangan salah satu pihak saja dan tidak mendengarkan yang lain.

Hakim harus memulai memintai keterangan pada pihak penggugat, lalu menanyakan bukti-bukti yang diinginkan oleh pihak tergugat. Jika si pengugat tidak memiliki bukti dalam perkara yang menyangkut urusan harta misalnya, berdasarkan pandangan ulama maka tergugat harus bersumpah.

Namun apabila perkaranya menyangkut urusan nikah, talak (perceraian), hingga pembunuhan, menurut Imam Syafi'i, yang wajib sumpah hanya untuk gugatan itu saja. Sedangkan menurut Imam Malik, sumpah hanya diwajibkan untuk mendukung keterangan seorang saksi.

Sedangkan menurut mayoritas ulama kota-kota besar, sumpah dibebankan kepada tergugat sebab gugatan itu sendiri berdasarkan dalil umum hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan Ibnu Abbas. Nabi berkata: "Albayyinatu alal mudda'i wal yaminu alal mudda'a alaihi." Artinya: "Bukti itu atas orang yang menuduh, dan sumpah bagi orang yang menyangkal."

Adapun ulama-ulama yang menetapkan sumpah, berpedoman pada pertimbangan kemaslahatan. Agar antara satu dengan yang lainnya tidak saling menguggat dan tidak saling menafikan gugatan.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA