Selasa 31 Dec 2019 16:10 WIB

Surga Bagi yang Menghadiri Majelis Dzikir

Malaikat menyelimutkan sayapnya memenuhi majelis dzikir.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Muhammad Hafil
Surga Bagi Yang Menghadiri Majelis Dzikir. Foto: Jamaah mengikuti dzikir bersama Ustadz Arifin Ilham saat Dzikir Nasional Republika 2016 di Masjid At-Tin, Jakarta, Sabtu (31/12).Republika/Wihdan Hidayat
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Surga Bagi Yang Menghadiri Majelis Dzikir. Foto: Jamaah mengikuti dzikir bersama Ustadz Arifin Ilham saat Dzikir Nasional Republika 2016 di Masjid At-Tin, Jakarta, Sabtu (31/12).Republika/Wihdan Hidayat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menghadiri majelis-majelis dzikir mempunyai banyak keutamaan. Salah satu di antaranya adalah orang-orang yang menghadiri majelis dzikir akan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Selain itu orang-orang yang menghadiri majelis-majelis dzikir akan mendapatkan hadiah terindah yang paling didambakan setiap manusia yaitu surga. Sebagaimana dijelaskan Rasulullah SAW dalam hadisnya ketika seorang sahabat bertanya kepada Rasul

"Wahai Rasulullah apa ghonimah majelis-majelis dzikir? Rasulullah menjawab, ghonimah majelis-majelis dzikir adalah surga," Hadits ini melalui jalur Al Hasan bin Musa hingga Abdullah bin Amru. Redaksi hadits ini dapat ditemukan dalam Musnad Ahmad.

Baca Juga

Begitupun dalam ringkasan dari sebuah hadis lainnya dijelaskan bahwa Allah mempunyai malaikat yang terus berkeliling mencari majelis dzikir. Ketika telah mendapati majelis dzikir, malaikat tersebut duduk dan menyelimutkan sayapnya hingga memenuhi ruangan itu.

Bila majelis dzikir itu telah selesai, malaikat itu pun akan naik ke langit.  Malaikat itu pun menjelaskan kepada Allah SWT tentang hamba-hamba yang melafazkan tasbih, takbir dan tahmid dan memohon kepada Allah SWT akan surga dan pelindungan dari neraka. Allah pun mengampuni orang-orang tersebut dan memberikan apa yang dimintanya serta melindungi dari neraka.

Redaksi lengkap hadis ini dapat ditemukan dalam syarh sahih Muslim nomor 2689 di mana hadits itu melalui jalur Muhammad bin Hatim hingga Abu Hurairah dan kedudukan hadits itu sahih berdasarkan ijma ulama. Bahkan dalam lanjutan hadits itu dijelaskan bahwa Allah SWT juga mengampuni hambanya yang mempunyai dosa dan kebetulan hanya lewat dan duduk di suatu masjekis dzikir.

Karenanya jelang pergantian tahun baru malam nanti tak ada salahnya untuk mengisinya dengan bermuhasabah dan berzikir kepada Allah. Anda juga bisa mengikuti Dzikir Nasional 2019 yang diselenggarakan Republika di beberapa tempat yakni di Masjid At Tin Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Masjid Pusdai Bandung, atau di Masjid Jogokariyan Yogyakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement