Ahad 05 Jan 2020 17:02 WIB

Remaja Masjid di Inggris Memulai 2020 dengan Kerja Bakti

Remaja masjid di Inggris bahu-membahu membersihkan lingkungan masjid.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Nashih Nashrullah
Remaja masjid di Inggris bahu-membahu membersihkan lingkungan masjid.
Foto: Reuters
Remaja masjid di Inggris bahu-membahu membersihkan lingkungan masjid.

REPUBLIKA.CO.ID,  

HARTLEPOOL – Memulai 2020, sejumlah remaja dari Komunitas Remaja Masjid Hartlepool, Inggis, melakukan aksi kerja bakti. Kerja bakti dilakukan dengan agenda bersih-bersih di wilayah sekitaran masjid.

Baca Juga

Dilansir dari Hartlepool Mail, Ahad (5/1), para remaja masjid tersebut mengumpulkan beberapa sampah yang ditemukan dari jalan-jalan di sekitar Brougham Terrace. Aksi kerja bakti ini dilakukan sejak matahari belum terbit, yakni sesudah jamaah Subuh. 

Imam Masjid di Hartlepool, Tahir Selby, mengatakan  tindakan kerja bakti dengan melakukan bersih-bersih lingkungan adalah hal positif yang berguna dalam mengawali hari di tahun baru. “Kami merasa ini (bersih-bersih) adalah cara yang terbaik untuk merayakan tahun baru, membantu masyarakat setempat juga,” ujarnya.

Di sisi lain, aksi kerja bakti dan bersih-bersih itu dilakukan guna memberikan edukasi kepada kalangan remaja akan artinya kebersihan. Sebab, kata dia, kebersihan merupakan ajaran dasar dalam agama Islam.

Menurutnya, kerja bakti juga merupakan tindakan yang dapat dikategorikan membantu masyarakat sekitar. Dimulai dari hal yang paling bisa dilakukan, kata dia, para remaja masjid dapat menjadi pelayan bagi lingkungan sekitar dalam hal kebaikan.

Tak hanya kerja bakti dengan bersih-bersih lingkungan, dia menjabarkan bahwa aktivitas sosial dari remaja masjid juga dilakukan dengan membantu para tunawisma. Yakni mengumpulkan makanan dan berdonasi ke bank makanan kota.

“Masjid kami juga diminta oleh Rasio Hartlepool untuk memberikan hadiah kepada anak-anak (tunawisma) melalui layanan sosial,” ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement