Sabtu 04 Jan 2020 23:59 WIB

Kemenag Beri Penghargaan Pembina Generasi Muda Umat Beragama

Apresiasi untuk insan yang melakukan pembinaan terhadap generasi muda umat beragama

Kantor Kemenag Kabupaten Seram Bagian Barat memberi penghargaan kepada Bhabinkamtibmas Desa Waimital Waipirit dan Hatusua Bripka Asep HS Souisa
Kantor Kemenag Kabupaten Seram Bagian Barat memberi penghargaan kepada Bhabinkamtibmas Desa Waimital Waipirit dan Hatusua Bripka Asep HS Souisa

REPUBLIKA.CO.ID,   JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) memberikan apresiasi untuk insan yang melakukan pembinaan terhadap generasi muda umat beragama. Di Kabupaten Seram, Maluku, penghargaan diberikan Kantor Kemenag Kabupaten Seram Bagian Barat kepada Bhabinkamtibmas Desa Waimital Waipirit dan Hatusua Bripka Asep HS Souisa. Asep merupakan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) di Polsek Kairatu, Polres Seram Bagian Barat, Polda Maluku.

Penghargaan diberikan oleh kepala Kantor Kemenag Kabupaten Seram Bagian Barat Taslim Tuasikal. Pemberian penghargaan dalam rangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Amal Bakti ke-74 Kemenag yang digelar di Madrasah Aliyah Negeri Seram Bagian Barat, Jumat (3/1).

Taslim menjelaskan, penghargaan itu merupakan apresiasi atas inovasi di bidang penyuluhan kreatif bagi generasi muda pada komunitas umat beragama di Kecamatan Kairatu, Kabupaten Seram Bagian Barat. "Peran Bhabinkamtibmas sangat penting dan strategis dalam membina generasi muda umat beragama sedini mungkin," kata dia dalam keterangannya kepada Republika.co.id.

Dia menambahkan, pendekatan yang dilakukan secara kreatif dapat membuahkan hasil yang maksimal pada masa yang akan datang. Hal itu juga menjadi sebuah harapan agar kegiatan tersebut dapat dilakukan semua unsur dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama di tengah masyarakat.

"Apresiasi ini atas dedikasi selama ini dalam inovasinya memberikan penyuluhan kreatif bagi generasi muda umat beragama di dua komunitas yang berbeda di Kecamatan Kairatu," tambahnya.

Taslim berharap, dengan adanya penghargaan ini dapat memberikan motivasi lebih kepada Bhabinkamtibmas Polri, ASN, dan masyarakat lainnya. Dengan begitu, mereka dapat berperan aktif untuk memberikan pembinaan generasi muda umat beragama dalam menjaga kerukunan umat beragama.

Sementara, Bhabinkamtibmas Asep menjelaskan, apa yang dilakukan hanya bagian dari panggilan tugas dan tanggung jawab. Penghargaan dari Kemenag pun menjadi tambahan dorongan semangat dalam melaksanakan tugas sehari-hari.

"Awalnya hanya koordinasi saja dalam melakukan kegiatan-kegiatan kepolisian. Bedanya hanya kemasannya saja. Saya mengemas penyuluhan menjadi sesuatu yang menyenangkan," ujar Asep.

Kegiatan yang dilakukan antara lain Cerita Anak-anak & Bhabinkamtibmas Hari Minggu Ceria (Ceriaa & Bhahagia). Kemudian kegiatan Kumpul Cerita Bersama Bhabinkamtibmas Mengaji & Dakwah (Kurma Masjid) di komunitas Muslim di TPQ Masjid Nurul Falah Desa Waimital serta TPQ lain di sekitarnya.

"Saya ucapkan terima kasih dan akan semakin bersemangat bertugas," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement