Selasa 20 Dec 2016 20:30 WIB
Masjid Al Hidayah Bedugul, Tabanan

Berdiri Anggun di Puncak Gunung Mangu

Rep: Ahmad Baraas/ Red: Agus Yulianto
Seorang Muslim tengah shalat di sebuah masjid di Bali. (Ilustrasi)
Foto: beritabali.com
Seorang Muslim tengah shalat di sebuah masjid di Bali. (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, TABANAN -- Berdiri di puncak Gunung Mangu, Masjid Al Hidayah, berdiri anggun menatap Danau Beratan. Menghadap ke arah timur, masjid dengan luas areal 600 meterpersegi itu, seperti menantang puncak Gunung Agung di Bali timur yang menyembul dari balik bebukitan.

Masjid di ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut itu dikenal dengan nama Masjid Al Hidayah Bedugul. Persisnya berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti Kabupaten Tabanan, Bali. Bedugul adalah nama kawasan wisata yang melingkupi wilayah dimana Masjid Al Hidayah Berdiri.

Pada 12 Desember lalu, masjid yang didirikan awal 1900-an itu mendapat penghargaan paripurna kedua tahun 2016 dari Kantor Kementerian Agama Pusat. Masjid Al Hidayah menjadi masjid terbaik kedua di tingkat nasional, menyusul Masjid Sabilillah, Malang, Jawa Timur.

Ketua Yayasan Al Hidayah, Khairil Anwar mengatakan, penghargaan yang diperoleh Masjid Al Hidayah karena dianggap berhasil melibatkan warga masyarakat dalam setiap aktivitas masjid. Seluruh warga sekitar, tumbuh rasa memilikinya terhadap masjid itu, yang terlihat dari keikutsertaan mereka dalam program-program masjid. "Mulai dari kegiatan pengajian, sampai pada keterlibatan mereka pada penataan fisik masjid," kata Chairil.

Sekretaris takmir masjid Al Hidayah, Subandi mengatakan, kesadaran masyarakat untuk terlibat dalam kegiatan di masjid, termasuk shalat berjamaah lima waktu di masjid, semakin tinggi. Sebelum program itu digulirkan pada Juni 2015, hanya 11 orang jamaah yang aktif dalam kegiatan di masjid, mulai dari solat berjamaah lima waktu, kegiatan tahlilan, pengajian, dan kerja bakti pemeliharaan masjid.

Tapi setelah setahun program berjalan sebut Subandi, jumlah warga yang aktif secara penuh di masjid bertambah menjadi 21 orang dari 96 keluarga warga setempat. Sementara yang tergolong nyaris tidak ke masjid terkecuali shalat Jumat tingal sembilan orang. "Sedangkan 68 KK lainnya keaktifannya terjadi peningkatan, dari yang sebelumnya kurang aktif menjadi lebih aktif," kata Subandi.

Masjid Al Hidayah Bedugul adalah satu dari tiga masjid yang ada di kawasan wisata alam ternama di Bali itu. Selain tiga masjid, di daerah tersebut juga ada tiga mushala, yang semuanya berfungsi dengan baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement