Jumat 03 Jan 2020 19:00 WIB

Pejabat Hingga Rakyat Saudi Turut Laksanakan Shalat Istisqa

Shalat istisqa digelar menyusul musim panas berkepanjangan di Arab Saudi.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah
Kota Makkah dan sejumlah kota Arab Saudi masih mengalami musim panas berkepanjangan.
Foto: Amr Nabil/AP
Kota Makkah dan sejumlah kota Arab Saudi masih mengalami musim panas berkepanjangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Umat Muslim di seluruh kota di Arab Saudi menggelar shalat istisqa untuk meminta hujan. Hal ini menyusul kekeringan yang melanda. Begitupun dengan Raja Salman yang mengimbau orang-orang di kerajaan Arab Saudi untuk melakukan shalat istisqa.  

Seperti dilansir Arab News pada Jumat (3/1) pelaksanaan shalat istisqa berlangsung di beberapa tempat. Di kota suci Makkah, pelaksanaan shalat istisqa berlangsung di Masjid al-Haram. Shalat istisqa di Masjid al-Haram pun dihadiri pejabat Gubernur Makkah yakni Pangeran Badr bin Sultan bin Abdul Aziz.   

Baca Juga

Sedangkan pelaksanaan shalat istisqa di kota Madinah berlangsung di Masjid Nabawi. Gubernur Madinah yakni Pangeran Faisal bin Salman tirut hadir dalam pelaksanaan shalat istisqa di Masjid Nabawi itu.  

Sementara di Kota Riyadh, pelaksanaan shalat Istisqa berlangsung di Masjid Turki Imam bin Abdullah. Gubernur Riyadh yaitu Pangeran Faisal bin Bandar juga turut serta melaksanakan shalat istisqa.  

Tak hanya di ketiga masjid itu. Shalat istisqa juga berlangsung di daerah-daerah lainnya di Arab Saudi. Para gubernur dan pejabat daerah setempat pun ikut melakukan shalat tersebut. 

Dalam setiap khutbah yang berlangsung dalam pelaksanaan shalat istisqa itu, para khatib meminta umat Islam khususnya di Arab Saudi untuk berdoa kepada Allah SWT dengan memohon ampunan. 

Para khatib juga mengajak umat Muslim untuk menjalankan perbuatan baik dan memohon kepada Allah segera diturunkan hujan. Andrian Saputra

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement