Senin 30 Dec 2019 07:04 WIB

Tabligh Akbar dan Muhasabah Akhir Tahun Siap Digelar

Tabligh akbar dan muhasabah jadi kegiatan positif umat Islam di akhir tahun.

Rep: Fuji E Permana/ Red: Friska Yolanda
Ribuan masyarakat memadati acara Muhasabah Akhir Tahun, di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (31/12/2018).
Foto: Republika/Edi Yusuf
Ribuan masyarakat memadati acara Muhasabah Akhir Tahun, di Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (31/12/2018).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika Biro Jawa Barat akan menyelenggarakan Muhasabah Akhir Tahun di Masjid Pusdai Jawa Barat pada 31 Desember 2019. Di waktu yang sama, Republika Biro Yogyakarta menyelenggarakan Tabligh Akbar di Masjid Jogokariyan, Yogyakarta.

"Alhamdulillah kita sudah siap menyelenggarakan Muhasabah Akhir Tahun, kita sudah menyiapkan acara dari Selasa (31/12) pagi hingga Rabu (1/1) jam 2 dini hari di Masjid Pusdai Jawa Barat," kata Ketua Panitia Muhasabah Akhir Tahun, Yusuf Supriatna kepada Republika.co.id, Ahad (29/12). 

Baca Juga

Yusuf berharap masyarakat Jawa Barat khususnya warga Bandung bisa menghadiri Muhasabah Akhir Tahun. Acara ini diselenggarakan Republika Biro Jawa Barat untuk umat. Supaya umat memiliki kegiatan alternatif yang positif di malam akhir tahun.

Ia menyampaikan, daripada umat menghabiskan malam terakhir 2019 dengan acara yang kurang bermanfaat dan hura-hura. Alangkah baiknya umat mengikuti kegiatan Muhasabah Akhir Tahun untuk menyongsong tahun depan yang lebih baik.

photo
Pengunjung melakukan hapus tato di Hijrah Care pada acara Muhasabah Akhir Tahun Republika 2018, di Selasar Masjid Pusdai, Kota Bandung, Senin (31/12).

Dalam rangkaian acara Muhasabah Akhir Tahun diselenggarakan donor darah, cek kesehatan gratis termasuk pemeriksaan kesehatan jantung, gula darah, asam urat dan kolesterol. Selain itu rencananya akan ada pemberian vaksin flu gratis. Hal yang tidak kalah menarik, akan ada halal market berupa pameran makanan dan busana Muslim di Masjid Pusdai Jawa Barat.

Sejumlah ulama akan memberikan tausiyah di acara puncak Muhasabah Akhir Tahun. Di antaranya KH Athian Ali, KH Sofyan Yahya, dan Ustaz Ucu Najmudin. Rencananya Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil akan menghadiri Muhasabah Akhir Tahun Republika.

Ketua Panitia Tabligh Akbar Republika, Agus Purnomo dari Yogyakarta juga menyampaikan kesiapannya menyelenggarakan Tablig Akbar yang akan dimeriahkan oleh sejumlah ulama dan tokoh Muslim. "Tabligh Akbar di Masjid Jogokariyan di Yogyakarta Insya Allah sudah siap dilaksanakan," kata Agus.

Agus berharap umat bisa mengikuti Tabligh Akbar di Masjid Jogokariyan. Republika Biro Yogyakarta menyelenggarakan Tabligh Akbar untuk mempersembahkan kegiatan yang positif dan Islam di malam akhir tahun.

"Mari mengikuti Tabligh Akbar kegiatan yang positif, daripada mengikuti kegiatan yang kurang baik dan cenderung hura-hura," ujarnya.

Seperti halnya Muhasabah Akhir Tahun, Tabligh Akbar juga menghadirkan donor darah dan cek kesehatan gratis untuk masyarakat. Sejumlah ulama dan tokoh Muslim juga akan memeriahkan Tabligh Akbar di Yogyakarta. Di antaranya Prof Rochmat Wahab, Ustaz Agus Taufiqurrahman sebagai Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Muhammad Atiatul Muqtadir sebagai Presiden BEM UGM, dan Ustaz Awan Abdullah.

photo
Pemeriksaan kesehatan gratis dan donor darah dalam rangka Festival Republik Tabligh Akbar Republika DIY/Jateng, Ahad (31/12).

Sementara itu, Festival Republik dan Dzikir Nasional di Masjid Agung At-Tin, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur sedang berlangsung sejak 27-31 Desember 2019. Pada puncak acara Dzikir Nasional, Pemimpin Redaksi Republika, pengurus Masjid Agung At-Tin dan menteri agama akan memberikan sambutan.

Di puncak acara juga sejumlah ulama dan tokoh Muslim akan memberikan tausiyah. Di antaranya Ustaz Cholidi Asadil Alam pemeran utama film Ketika Cinta Bertasbih, Habib Jindan bin Novel dan Ustaz Bobby Herwibowo pencipta metode menghafal Alquran semudah tersenyum. 

Selain itu ada tausiyah dari KH Muhammad Cholil Nafis sebagai Ketua Komisi Dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ustaz Abdul Mu'ti sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dan Ustaz Muhammad Jazir ASP dari Masjid Jogokariyan. Menjelang tengah malam diselenggarakan doa dan dzikir akhir tahun bersama Ustaz Abdul Syukur dari Majelis Az-Zikra yang didirikan almarhum KH Muhammad Arifin Ilham.

Ketua Panitia Festival Republik dan Dzikir Nasional 2019, Arul Busyro menyampaikan, panitia Festival Republik dan Dzikir Nasional sudah mempersiapkan acara tahunan ini dengan maksimal. Sekarang persiapan acara puncak juga sudah maksimal.

"Kami menyelenggarakan Festival Republik dan Dzikir Nasional untuk umat, ada banyak kegiatan Islami yang kami selenggarakan, ulama dan tokoh-tokoh Muslim juga akan memberikan tausiyah di puncak acara Dzikir Nasional," kata Arul kepada Republika di Masjid Agung At-Tin, Ahad (29/12).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement