Jumat 27 Dec 2019 11:31 WIB

Rumah Zakat Gelar Pelatihan Mengurus Jenazah

Diharapkan ini bisa melahirkan generasi baru yang mampu mengurus jenazah.

Rumah Zakat bersama Ikrema Baiturrahman gelar pelatihan mengurus jenazah.
Foto: Rumah Zakat
Rumah Zakat bersama Ikrema Baiturrahman gelar pelatihan mengurus jenazah.

REPUBLIKA.CO.ID, LABUHANBATU -- Rumah Zakat berkerja sama dengan Ikatan Remaja Masjid Baiturrahman (Ikrema) mengadakan pelatihan tata cara mengurus jenazah, Ahad (22/12). Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Baiturrahman Dusun Siluman A, Desa Tebing Linggahara, Kecamatan Bilah Barat, Kabupaten Labuhanbatu dan diikuti 53 peserta. 

Acara ini menghadirkan Ustaz Heriansyah Lubis sebagai pemateri dari Universitas Alwasliyah Labuhanbatu. “Ada beberapa hal yang menjadi fardhu kifayah bagi Muslim terhadap saudaranya yang meninggal, yaitu memandikan, mengkhafani, menshalatkan dan menguburkannya sesuai syari’ah Islam,” ujar ustaz yang juga ketua HMI Labuhanbatu.

Baca Juga

Materi Pelatihan ini berisi penyampaian secara praktek. Salah satu peserta atas nama Rizky yang diamanahi sebagai alat peraga dan juga sebuah batang pisang.

Peserta sangat antusias, beberapa peserta pelatihan mengajukan pertanyaan seputar materi, Mami, peserta dari Dusun Kampung Lalang yang secara detail menanyakan cara memandikan dan mengkhafani jenazah. "Dari kegiatan ini diharapkan bisa melahirkan generasi baru yang mampu melaksanakan penyelenggaraan jenazah, serta menyamakan persepsi tentang penanganan penyelenggaraan jenazah di tengah masyarakat," ujar Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat.

Turut hadir Paeran selaku Kepala Dusun Siluman A dan Bapak Warsito selaku ketua BKM Masjid Baiturrahman. Yang juga telah mensupport penuh dan mengikuti kegiatan hingga selesai.

photo
Rumah Zakat bersama Ikrema Baiturrahman gelar pelatihan mengurus jenazah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement