Sabtu 21 Dec 2019 10:14 WIB

Minoritas Syiah di Saudi dan Sikap atas Hamas dan Hizbullah

Sikap atas Hamas dan Hizbullah antara positif dan negatif.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Nashih Nashrullah
Minoritas Syiah di Arab Saudi mempunyai sikap berbeda terkait Hamas dan Hizbullah. Foto ilustrasi bendera Saudi.
Foto: AP/Cliff Owen
Minoritas Syiah di Arab Saudi mempunyai sikap berbeda terkait Hamas dan Hizbullah. Foto ilustrasi bendera Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah survei rahasia yang dilakukan di dalam Arab Saudi pada November 2019 lalu menunjukkan tentang pandangan warga Saudi terhadap sejumlah kebijakan dan reformasi pemerintah Saudi. 

Survi dipublikasikan David Pollock, dalam artikelnya yang dipublikasikan di Forum Fikra di laman resmi The Washington Institute, lembaga think-thank AS yang berbasis di Washington, DC. 

Baca Juga

Artikel itu mengungkap hasil survei tentang sikap di kalangan akar rumput Saudi terhadap AS, Islam moderat, dan persoalan lainnya. Pollock sendiri merupakan anggota program Bernstein di The Washington Institute, yang fokus pada dinamika politik regional dan isu-isu terkait.  

Terkait ekonomi internal, misalnya, sikap warga Saudi hampir tidak berubah selama satu tahun terakhir. Publik Saudi tetap mengkhawatirkan korupsi. 

Sekitar 60 persen, hampir sama dengan tahun lalu, mengatakan bahwa pemerintah Saudi melakukan terlalu sedikit untuk memberantas korupsi di negara itu.

Secara signifikan lebih sedikit, tetapi masih sekitar 40 persen, mengatakan pemerintah Saudi melakukan terlalu sedikit dalam menangani masalah ekonomi yang sedang berkembang dan kesulitan sehari-hari masyarakat, atau dalam berbagi beban pajak dan kewajiban lain kepada pemerintah secara adil.

Namun, adapula kabar baik dari survei ini, yakni beberapa masalah terkait kebijakan luar negeri utama. Disebutkan, bahwa orang Saudi cenderung setuju dengan AS, dan dengan kebijakan negara mereka sendiri. 

Publik Saudi, seperti halnya pemerintahnya, tetap sangat negatif terhadap Iran, Ayatollah Khamenei, dan Hizbullah.

Pandangan positif dari ketiganya terperosok dalam satu digit. Hanya 6 persen yang memiliki pandangan baik tentang Khamenei. Sedangkan hanya 7 persen mengatakan, mereka memiliki sikap positif terhadap Hizbullah.

Pandangan yang lebih dekat menunjukkan, sekitar 10 persen minoritas Syiah Arab Saudi, yang berada di provinsi penghasil minyak di timur, memiliki opini yang lebih beragam mengenai masalah ini. 

Separuh mengatakan, penting bagi negara mereka untuk memiliki hubungan baik dengan Iran. Dan hampir setengahnya menyuarakan pandangan positif tentang Hizbullah. 

Tetapi hanya 18 persen Syiah Saudi yang bahkan memiliki pendapat 'cukup baik' tentang Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Khamenei.

Selain itu, adapula pertanyaan tentang Palestina dan Israel. Dikatakan, bahwa dua pertiga orang Saudi setuju dengan pernyataan, bahwa negara-negara Arab harus memainkan peran baru dalam pembicaraan damai Palestina-Israel, dan menawarkan kedua belah pihak insentif untuk mengambil posisi yang lebih moderat.

Akan tetapi, hanya 22 persen warga Saudi memiliki pendapat yang mendukung gerakan Hamas Palestina, yang menolak perdamaian dengan Israel. 

Sementara itu, proporsi rendah yang sama, diminta untuk memilih dari daftar prioritas yang mungkin untuk kebijakan Timur Tengah Amerika, memilih tetap sama sekali di wilayah mereka, atau setidaknya menarik diri dari sebagian besar itu. 

Jika teroris Saudi di Pensacola menyuarakan keluhan kekerasan terhadap Amerika Serikat pada skor ini, itu tidak mewakili sebagian besar rakyatnya. 

Namun demikian, kepatuhan terhadap pandangan yang tidak toleran terhadap Islam, bersama dengan ketidaksukaan atau ketidakpercayaan terhadap Amerika Serikat, tetap tersebar luas di kalangan masyarakat Saudi. 

Reformasi yang diperjuangkan  pemerintah Saudi, bersama dengan aliansinya dengan Washington, adalah untuk kepentingan kedua negara. Namun kedua belah pihak tampaknya masih memiliki jalan panjang untuk meyakinkan tidak hanya publik Amerika, tetapi juga publik Saudi.  

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement