Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Friday, 12 Rabiul Akhir 1442 / 27 November 2020

Ajaran Doa Rasulullah SAW Hadapi 4 Perkara Kesia-siaan

Jumat 06 Dec 2019 04:00 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Nashih Nashrullah

Doa menghadapi empat perkara kesia-siaan dianjurkan Rasulullah. Foto berdoa Ilustrasi

Doa menghadapi empat perkara kesia-siaan dianjurkan Rasulullah. Foto berdoa Ilustrasi

Foto: Antara
Doa Rasulullah diajarkan untuk menghadapi kesia-siaan 4 perkara.

REPUBLIKA.CO.ID, Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk tak hentinya memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sebab, bagaimanapun doa adalah senjata bagi seorang mukmin. 

Di antara doa yang dianjurkan tersebut adalah doa  memohon pelindungan kepada Allah SWT dari empat perkara kesia-siaan selama di dunia. Doa tersebut biasa dibacakan Rasulullah SAW. 

Doa memohon perlindungan dari empat perkara itu dapat ditemukan dalam kitab Sunan an-Nasai yakni hadis nomor 5375. Berikut doa Nabi Muhammad SAW agar mendapat perlindungan dari Allah dari empat perkara: 

Baca Juga

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ قَلْبٍ لاَ يَخْشَعُ، ومِنْ دُعَاءٍ لاَ يُسْمَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لاَ تَشْبَعُ، وَمِنْ عِلْمٍ لاَ يَنْفَعُ، أَعُوذُ بِكَ مِنْ هَؤُلاَءِ الأَرْبَعِ   

Allahumma iInni a'udzubika min 'ilmin lama yanfa' wa qalbin la yakhsya' wa du'ain lama yusma' wa nafsin lam tasyba'. Allahumma Inni a'udzubika min haulaai al-arba.'   

Artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari Ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari doa yang tidak didengar dan jiwa yang tidak merasa puas. Ya Allah aku berlindung kepadamu dari empat perkara tersebut.   

Doa Nabi Muhammad SAW yang memohon perlindungan dari empat perkara itu juga dapat ditemukan dalam kita hadis Abu Dawud urutan hadis nomor 1324 dan Ibnu Majah urutan hadits nomor 246 dan 3827.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA