Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Agar Diberikan Kekuatan Iman dan Islam, Begini Doanya

Sabtu 23 Nov 2019 07:04 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Agung Sasongko

Ilustrasi Berdoa

Ilustrasi Berdoa

Foto: Pixabay
Kekuatan iman dan Islam seorang hamba memang hanya bisa dinilai oleh Allah SWT.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika Iman malaikat terus meningkat, iman syaitan terus turun, sementara iman manusia naik dan turun. Guna mendapatkan kekuatan iman dan Islam, berikut doa-doa yang bisa dibaca usai shalat sunnah qabliyah di waktu subuh.

"Ya hayyu ya qoyyuum ya badi’as samaawaati wal-ardhi yaa dzal-jalaali wal ikram. Ya Allah laa ilaaha illa Anta as-aluka an tuhyiya qalbi bi nuri ma’rifatika. Ya Allaahu ya Allahu ya Allahu yaa Arhamar-rahimin,".

Yang artinya: "Wahai zat Yang Maha Hidup, Yang Berdiri Sendiri, Yang Menciptakan langit dan bumi, Yang Memiliki keagungan dan kemuliaan. Ya Allah, tiada Tuhan selain Engkau, aku mohon kepada-Mu untuk menghidupkan hatiku dengan cahaya makrifah-Mu. Ya Allah, ya Allah, ya Allah, wahai Yang Paling Pengasih,".

Menurut Syaikh Abu Bakar Syatha dalam kitab I'anatut-Thalibin, doa ini dianjurkan dibaca sebanyak 41 kali. Hal itu sebagaimana disebutkan dalam redaksi:

Dari At-Tirmidzi Al-Hakim, dia berkata: "Saya sering melihat Allah SWT di waktu tidur. Kemudian saya berkata kepadaNya, ‘Wahai Tuhanku, saya takut kehilangan iman.’ Lalu Allah memerintahkan kepadaku membaca doa ini antara shalat sunnah Shubuh dan shalat Shubuh sebanyak 41 kali,".

Kekuatan iman dan Islam seorang hamba memang hanya bisa dinilai oleh Allah SWT. Kendati demikian diri kita dapat mengukur beberapa indikasi yang memperlihatkan kendurnya iman dan Islam yang terjadi dalam diri dan jiwa kita.

Maka alangkah baiknya doa ini dilafalkan agar Allah senantiasa dekat dengan kita. Sebagaimana janjiNya, bahwa Dia akan selalu bersama hamba-hambanya yang berdzikir dan meminta kepadaNya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA