Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Arkeolog Menemukan Kota Kuno yang Dibuat Alexander Agung

Selasa 19 Nov 2019 11:30 WIB

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko

Kota Kuno ilustrasi

Kota Kuno ilustrasi

Foto: livescience
Arkeolog memperkieakam kota kuno ini sisa-sisa warisan peninggalan Makedonia.

REPUBLIKA.CO.ID, PESHAWAR --- Para arkeolog dari Pakistan dan Italia menemukan kota kuno berusia 3 ribu tahun. Dilansir dari Orissa Post pada Sabtu (16/11), kota kuno itu diyakini merupakan kota sisa-sisa peninggalan kekaisaran Makedonia dengan rajanya yakni Alexander Agung. Kota kuno itu ditemukan dalam sebuah penggalian bersama di barat laut Pakistan. 

Kota tua itu diberi nama Bazeera yang lokasinya berada di Barikkt Tehsil, Distrik Saat Provinsi Khyber Paktunkhwa, Pakistan yang terkenal dengan peradaban 5 ribu tahun dan benda-benda bersejarahnya. 

Dalam penggalian itu juga ditemukan jejak candi Hindu, koin, stupa, pot dan senjata pada periode itu. Para arkeolog meyakini pada masa itu Alexander Agung bersama pasukannya pernah datang ke Swat sekitar 326 Sebelum Masehi. 

Arkeolog meyakini Alexander Agung dan pasukannya berhasil mengalahkan lawannya dalam sebuah pertempuram di daerah Odigram. Di kemudian hari, Alexander agung membangun sebuah kota bertembok dan benteng dengan nama Bazeera. 

Selain itu para arkeolog juga menemukan adanya tanda-tanda kehidupan di kota itu bahkan sebelum zaman Alexander. Menurut para Arkeolog sebelum masa Alexander agung, orang-orang Indo-Yunani, Budha, Shahi Hindu dan muslim tinggal di kota itu. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA