Senin 28 Oct 2019 12:23 WIB

Pentingnya Ilmu dan Teknik Hidrolik di Dunia Islam

Risalah abad ke-11 mengungkap pengembangan teknik hidrolik

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Ilustrasi Ilmuwan Muslim
Foto: Mgrol120
Ilustrasi Ilmuwan Muslim

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pentingnya ilmu dan teknik hidrolik di ne gara-negara Muslim dan kontribusi Arab untuk transmisi pengetahuan sebelumnya dan untuk pengembangan lebih lanjut telah dikerjakan dan dianalisis oleh beberapa penulis.

Dalam penelitiannya yang berjudul Hydraulic Imagery in Medieval Arabic Texts, Prof Constantin Canavas menunjukkan pola karakteristik penyajian pembangkit tenaga air dalam sumber-sumber sejarah Arab.

Dalam penelitiannya ini, Prof Constantin tidak hanya menggunakan referensi dari teks Arab-Islam, tapi juga sejarah dan bukti arkeologis tentang mesin bertenaga air di dunia Yunani dan Romawi.

Pada sumber-sumber utama Arab, dia menemukan penyebutan mesin-mesin tersebut dalam catatan-catatan perjalanan serta dalam karya-karya kosmografi, yaitu kom binasi data geografis dengan doktrin kosmologis dan filosofis yang menggambarkan negara Islam dan negara non-Islam.

Selain itu, Prof Constantin juga menemukan teknologi hidrolik dalam risalah tentang pertanian pada proyekproyek pedesaan negara dan pada risalah khusus yang berkaitan dengan deskripsi perangkat unggul, semacam mesin luar biasa yang di susun berdasar kan mekanika dan hidrolika.

Dalampenelitiannya, dia menyajikan beberapa referensi khas dalam teks-teks geografis Arab abad ke-10.

Kemudian, dia juga mengungkapkan risa lah awal abad ke-11 tentang proyekproyek hidrolik negara Muslim dan beberapa teks tentang teknik pertanian.

Kami akan menyimpulkan dengan merujuk pada beberapa teks yang berkaitan dengan teknologi hidrolik serta mesin hidrolik yang luar biasa dalam tradisi Arab,tulis Prof Constantin seperti dikutip dari laman muslim heritage.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement