Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Ulama Turki Ziarah ke Makam Syekh Utusan Ottoman di Aceh

Jumat 18 Oct 2019 14:50 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh.

Foto: Republika/Angga Indrawan
Ziarah ini merupakan kunjungan bersejarah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH— Ulama asal Turki Syekh Sayyid Muhammad Adil ar-Rabbani Qs pada Kamis (17/10) menziarahi makam ulama Tgk Syekh Di Bitai, yang berasal Kesultanan Turki Ottoman, di Banda Aceh.

Baca Juga

Di kompleks makam Tgk Syekh Di Bitai di Gampong Bitai, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh, rombongan ulama Turki berdoa dipimpin Syekh Bahuddin Adil Efendi, yang juga kerabat Syekhh Sayyid Muhammad Adil ar-Rabbani Qs. Sebelum berziarah, mereka shalat Zhuhur di masjid yang bersebelahan dengan kompleks makam. 

Menurut penuturan warga Bitai, Tgk Syech Di Bitai merupakan ulama asal Turki bernama asli Muthalib Ghazi bin Mustafa,yang menyebarkan Islam di Aceh pada abad ke-15.

Husaini, warga Bitai, mengatakan bahwa di kompleks makam tersebut juga ada makam warga Turki yang menikah dengan perempuan Aceh dan menetap di Gampong Bitai. "Dulunya di tempat ini merupakan tempat pendidikan agama Islam. Tempat ini dulu namanya Baitul Muhadis, banyak orang luar Aceh, termasuk Turki menetap di sini," kata Husaini.

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA