Rabu 23 Oct 2019 04:00 WIB

Menelusuri Jejak Islam di Kutub Utara

Islam menyebar ke seluruh penjuru dunia, tak terkecuali ke wilayah di Kutub Utara.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Agung Sasongko
Masjid Inuvik, Winnipeg

Masjid berdiri di Inuvik berkat bantuan dari dari Zubaidah Tallab Foundation. Yayasan ini adalah badan amal yang berbasis di Manitoba, provinsi di Kanada. Masjid dibangun di Winnipeg, kota di Kanada, lalu dikirimkan ke Inuvik. Ini dipandang sebagai cara paling ekonomis, di mana masjid dibangun di tempat lain dan kemudian dikirim ke Inuvik dengan melewati perjalanan darat sejauh 2400 km dan sebagian perjalanan di atas air (sungai) sejauh 1800 km. Masjid ini mulai menempuh perjalanan darat dan air pada Agustus 2010.

Masjid seluas 1.500 kaki persegi itu diangkut dengan menggunakan kendaraan pengangkut barang berat (semi-trailer), lalu dibawa dengan tongkang (ponton) untuk sampai ke tujuan. Tongkang tiba di Inuvik pada 24 September 2010, setelah menempuh perjalanan selama tiga pekan yang luar biasa. Namun, butuh sekitar satu bulan agar masjid yang terbuat dari kayu itu siap digunakan. 

Seorang tukang kayu dari St. Catherines, Ontario, Fathallah Fargat terinspirasi oleh kisah itu dan lantas mendatangi Inuvik untuk membantu mendirikan masjid. Ia juga membantu membangun menara setinggi 10 meter dengan tanda bulan sabit di bagian atas menara masjid. 

Masjid Matahari Tengah Malam (Midnight Sun Mosque), seperti yang kini dijuluki, diresmikan pada 10 November 2010 di Wolverine Road. Masjid Inuvik ini menjadi masjid paling utara di belahan bumi yang terletak di Amerika Utara.

Bangunan masjid terdiri dari ruang dapur, sebuah perpustakaan, dan ruang bermain anak. Ruang shalat utama di masjid ini dibagi menjadi beberapa bagian untuk area pria dan wanita. Ruang utama untuk shalat dihiasi dengan karpet merah yang mewah, yang disumbang dari seorang pria di Dubai. Selain sebagai tempat ibadah, Masjid di Inuvik ini juga berfungsi sebagai bank makanan (food bank) untuk membantu warga yang tinggal di wilayah utara bumi ini. 

Selain di Inuvik, komunitas Muslim di Iqaluit, Nunavut, Kanada, juga telah mewujudkan mimpi mereka untuk mendirikan masjid pertama di wilayah itu. Wilayah Nunavut ini membentuk sebagian besar Kepulauan Arktik Kanada.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement