Senin 07 Oct 2019 20:00 WIB

Besok, Konferensi INCRE 2019 Dibuka

Konferensi INCRE 2019 akan dibuka Menteri Agama.

Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar konferensi internasional untuk pertama kali. Kegiatan yang diberi nama  The 1st International Conference on Regional and Education (INCRE) 2019 ini dibuka oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim.

INCRE 2019 diadakan selama tiga hari mulai 8 hingga 10 Oktober di Hotel Santika Bintaro, Tangerang Selatan. Kabid Litbang Pendidikan Keagamaan, Husein Hasan Basri menyebut pembukaan dilakukan pukul 19:30 WIB.

"Besok acara dimulai jam 19:30, pembukaan oleh Menteri Agama. Beliau sudah memastikan datang," ujarnya saat dihubungi Republika, Senin (7/10).

Sebagai pembicara utama atau keynote speaker, Menag akan membawakan tema religion and education response to social change. Selain itu beliau juga akan membahas hal-hal lain tentang moderasi beragama.

Pembahasan serta penguatan semangat moderasi beragama disebut akan diserukan oleh Menag dalam kegiatan kali ini. Penyemaian moderasi beragama tidak hanya dibutuhkan dalam skala nasional maupun regional ASEAN tapi juga dunia. Menag pun akan membahas perihal berita-berita bohong atau hoaks yang kerap muncul dalam beberapa waktu terakhir.

H-1 gelaran Acara, Husein menyebut beberapa peserta sudah datang di Indonesia. Salah satunya berasal dari Thailand, Dr Ahmad Kamil selaku Ketua Majelis Agama Islam wilayah Pattani.

"Tamu-tamu kebanyakan dari ASEAN, Kamboja, Laos, Myanmar, Timur leste. Kita kemarin saat penyebaran informasi call for paper fokus di daerah ASEAN," lanjutnya.

Total ada 123 artikel yang dikirimkan oleh peserta. Dari ratusan makalah yang ada, oleh tim Litbang Kemenag dipilah dan dipilih hingga menghasilkan 80 makalah yang lolos untuk dibahas selama acara tiga hari ke depan.

"Kalau menurut data registrasi mereka sudah oke (datang). Mereka kirim data lewat aplikasi yang kita siapkan," ujar Husein.

Meski penyebaran informasi dilakukan di wilayah ASEAN, acara besok menghadirkan beberapa tokoh internasional. Salah satunya berasal dari Tunisia, Dr Mounir Rouiss selaku dekan Fakultas Ushuluddin Universitas Zaitunah.

Persiapan yang dilakukan Litbang Kemenag disebut sudah mencapai 100 persen. Husein berharap acara yang baru pertama kali digelar ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement