Rabu 02 Oct 2019 02:00 WIB

Dompet Dhuafa Bangun Puskesmas Pembantu di Lombok Pascagempa

Bangunan Pustu dirancang dengan struktur yang ramah gempa .

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Gita Amanda
Dompet Dhuafa
Dompet Dhuafa

REPUBLIKA.CO.ID, LOMBOK -- Chevron dan para karyawannya menggandeng Dompat Dhuafa sebagai mitra pelaksana untuk membangun Pukesmas Pembantu (Pustu) di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Lombok. Sumbangan tersebut merupakan wujud empati dan kepedulian karyawan Chevron terhadap saudara-saudara kita di Lombok yang tertimpa bencana.

Pascabencana, fasilitas kesehatan yang memadai sangat diperlukan, terutama bagi ibu dan anak-anak. Untuk kesinambungan jangka panjang, Chevron tentu membutuhkan dukungan dari Pemkab Lombok Utara, terutama Dinas Kesehatan, melalui penyediaan tenaga kesehatan yang diperlukan, pengelolaan dan pemeliharaan fasilitas secara baik.

"Dukungan juga kami harapkan dari aparat desa setempat," tutur Wahyu Budiarto selaku Sr. Vice President Corporate Affairs Chevron, dilansir dari laman resmi Dompet Dhuafa, Selasa (1/10).

Peletakan batu pertama (groundbreaking) Pustu tersebut dilaksanakan pada Senin (30/9). Acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, Sr. Vice President Corporate Affairs Chevron Wahyu Budiarto, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Majidi dan tokoh masyarakat. Dana pembangunan Pustu ini berasal dari sumbangan para karyawan Chevron yang bekerja di Riau, Kalimantan Timur, dan Jakarta.

Melalui sebuah insiatif internal yang diberi nama Program Chevron Berbakti, sumbangan yang terkumpul dari karyawan kemudian ditambahkan dengan jumlah yang sama oleh Perusahaan, atau dikenal dengan skema matching fund.

Kondisi problematika menyangkut kesehatan menjadi prioritas yang amat penting di masa pemulihan pasca gempa lombok, melihat hal itu, Dompet Dhuafa sebagai lembaga zakat yang bergerak dalam bidang kemanusiaan bersama, salah satunya dalam bidang kesehatan, terus berupaya membuat program-program pemberdayaan kesehatan masyarakat, untuk menyelenggarakan upaya kesehatan dengan memaksimalkan keterlibatan masyarakat dan tidak berbayar.

 

Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan memperhatikan keselarasan antara pelayanan kesehatan yaitu preventif, promotif, kuratif, dan rehabilitatif Melalui Puskesmas Pembantu (Pustu).

Program di bidang kesehatan, lanjut dia, selaras dengan fokus program-program investasi sosial Perusahaan. Tidak hanya di Lombok, hasil sumbangan karyawan Chevron juga disalurkan untuk membangun fasilitas serupa di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, yang terdampak bencana gempa bumi dan tsunami pada tahun lalu.

”Kami sangat bersyukur, kerja sama program Pustu bersama Chevron ini, bergulir dengan cepat dan tidak panjang birokrasi. Mohon doanya agar proses pembangunan berjalan lancar dan sesuai dengan target,” kata Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Majidi.

Bangunan Pustu dirancang dengan struktur yang ramah gempa mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan orang-orang berusia lanjut; serta memperhatikan prosedur standar keselamatan. Lama pembangunan diperkirakan maksimal lima bulan. Untuk pembangunan Pustu di Lombok ini akan di lengkapi oleh Fasiltas kesehatan menyediakan layanan dokter, perawat, dan bidan di satu lokasi merupakan Pustu pertama di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya Dompet Dhuafa dalam respon Lombok Recovery (Lover) telah membantu bagi bangunan baru Yayasan Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Selain bidang pendidikan di sini, terdapat juga klinik kesehatan gratis berupa klinik apung dan juga program ekonomi pemberdayaan lainnya.n 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement