Senin 30 Sep 2019 07:35 WIB

Aksi Siswa Madrasah Tulungagung Hijaukan Lereng Gunung Wilis

Penghijauan Gunung Wilis dilakukan dengan menanam pohon.

Gunung Wilis dilihat dari arah barat
Foto: id.wikipedia.org
Gunung Wilis dilihat dari arah barat

REPUBLIKA.CO.ID, TULUNGAGUNG— Ratusan siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 6 Tulungagung, Jawa Timur, pada Ahad (29/9) menggelar bakti sosial penghijauan di kawasan lindung lereng Gunung Wilis. Penghijauan berupa menanam aneka bibit tanaman buah di area lahan yang gundul.

Bakti lingkungan menanam pohon siswa itu juga diikuti belasan tim sukarelawan sendang(kolam di pegunungan), pegiat lingkungan, dan jajaran Perhutani.

Baca Juga

Kepala MTsN 6 Tulungagung, M Asrori, menjelaskan penanaman pohon itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang bertepatan 1 Oktober nanti.

"Penanaman pohon ini bentuk kepedulian siswa dan sekolah dalam melestarikan lingkungan hutan di Tulungagung," kata Asrori.

Mengambil lokasi penanaman pohon di kawasan hutan lindung, lereng Gunung Wilis, Desa Geger, Kecamatan Sendang, para siswa yang awalnya diangkut menggunakan kendaraan roda empat harus berjalan kaki mengikuti jalan setapak cukup jauh.

Namun jalan terjal dan menanjak tidak menyurutkan semangat para siswa, guru, pegiat pramuka dan sukarelawan untuk mencapai titik lokasi lahan hutan lindung yang telah gundul.

Sesampai di lokasi, mereka dengan menggunakan cangkul dan aneka peralatan yang dibawa mulai menanam aneka bibit pohon yang telah disiapkan, seperti bibit tanaman buah durian, alpokat, nangka, aren, rambutan, dan beberapa jenis tanaman buah lainnya. "Alhamdulillah, Desa Geger sudah mulai turun hujan. Insya Allah tanamannya banyak yang hidup," kata dia. 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement