Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Saturday, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 December 2019

Tiga Peninggalan Khas Dinasti Ilkhanat

Ahad 29 Sep 2019 22:22 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tedjomukti/ Red: Agung Sasongko

Masjid e-Shah di Isfahan, Iran, merupakan salah satu bukti puncak kegemilangan arsitektur Safawi.

Masjid e-Shah di Isfahan, Iran, merupakan salah satu bukti puncak kegemilangan arsitektur Safawi.

Foto: forumseyahat.com
Dinasti Ilkhanate merupakan bagian dari Kekaisaran Mongol.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Dinasti Ilkhanate merupakan bagian dari Kekaisaran Mongol. Dinasti ini didirikan pada abad ke-13 yang berbasis di Iran dan sekitarnya, seperti Azerbaijan bagian tengah dan timur Turki.

Pada awalnya kerajaan ini menjadi wilayah kekuasaan Jenghis Khan. Dengan perpecahan Kekaisaran Mongol setelah tahun 1259, wilayah itu berdiri sendiri menjadi Ilkhanate yang terpisah secara fungsional.

Dinasti ini kemudian berkembang ke wilayah-wilayah yang saat ini terdiri dari sebagian besar Iran, Irak, Armenia, Azerbaijan, Georgia, Turkmenistan, Turki, Afghanistan barat, dan tepi barat laut dari anak benua India.

Kemudian penguasa Ilkhanate, dimulai dengan Ghazan pada 1295 masuk Islam. Tiga peninggalan khas dinastsi Ilkhanate diantaranya adalah sebagai berikut,

Makam Baba Ghassem

Makam bersejarah ini terletak di di Isfahan, Iran. Dibangun pada abad ke-14. Tempat ini terkenal karena mihrab dan kubahnya yang indah. Terletak di utara Masjid Jameh di Isfahan. Bangunan ini diperbaiki dan dirubah di era Safawi. Baba Ghassem ada lah salah satu ahli fikih terkemuka di Isfahan.

Salah satu pengikutnya membangun sekolah Emamieh untuknya. Makam itu memiliki dekorasi bata dan ubin. Kubahnya berbentuk piramida. Bangunan ini sangat dihormati. Masyarakat pada masa lalu sering datang ke sana untuk mendoakan almarhum dan memberikan penghormatan kepada sang alim.

Menara Darozziafe

Bangunan ini merupakan dua menara bersejarah di Isfahan, Iran. Dibangun pada abad 14. Menara-menara itu terletak di distrik Jouybareh lama di jalan Ibnu Sina.

Bangunan abad ke-14 ini didirikan di kedua sisi portal. Ada tulisan dengan skrip putih pada latar belakang biru laut. Hanya tiga kata Arab yang tersisa, yang berarti seseorang yang masuk.

Sekolah Emamieh

Sekolah Emamieh dikenal bersejarah di Isfahan, Iran. Sekolah abad ke-14 dan dibangun atas perintah Sultan Abolhassan Talout Damghani.

Dia membangun sekolah untuk gurunya Baba Ghassem Esfahani. Bangunan itu dibangun oleh Sheikh Mohammad ebn-e Omar, yang namanya disebutkan pada prasasti sekolah. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA