Selasa 24 Sep 2019 13:39 WIB

Az-Zahrawi Ungkap 26 Alat Bedah Inovatif untuk Kedokteran

Az-Zahrawi digelari sebagai bapak ilmu bedah modern.

Rep: Iit Septyaningsih / Red: Nashih Nashrullah
Cautery dalam dunia kedokteran Islam (ilustrasi).
Foto: muslimheritage.com
Cautery dalam dunia kedokteran Islam (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Bukan rahasia lagi bila peradaban Islam sukses melahirkan sejumlah ilmuwan yang berkontribusi besar terhadap ilmu pengetahuan dunia hingga saat ini. Di antaranya al-Zahrawi.

Pria bernama lengkap Abul Qasim Khalaf Ibn al-Abbas az-Zahrawi atau biasa disebut Abulcasis oleh orang-orang Eropa tersebut merupakan tokoh besar di bidang kedokteran terutama ilmu bedah. Sejumlah pemikiran serta peralatan terkait ilmu bedah telah ditemukannya.

Baca Juga

Dia menemukan sekitar 26 peralatan bedah yang tidak ada pada masa-masa sebelumnya, seperti pisau bedah, sendok bedah, spekula, retraktor, dan lainnya. Dokter sekaligus ilmuwan yang lahir di Kordoba, Provinsi Andalusia, Spanyol pada 936 Masehi ini juga menciptakan berbagai metode yang membantu perkembangan ilmu kedokteran modern. 

Perlu diketahui, kala itu Kordoba adalah wilayah yang sangat kuat dan kaya, di bawah naungan Dinasti Umayyah. Tak heran jika banyak orang cerdas lahir dari sana. Bahkan ilmuwan dari berbagai negara turut datang ke Kordoba untuk belajar.

Az-Zahrawi pun banyak dikunjungi dokter dari beragam belahan dunia. Mereka ingin mempelajari langsung pemikiran az-Zahrawi.

Salah satu alat bedah penting yang ditemukan az-Zahrawi yakni catgut. Catgut atau benang bedah mulai dikenal pada pertengahan abad ke-10. Benang itu dibuat dari jaringan hewan, baik kambing maupun sapi, sehingga bisa diterima oleh tubuh manusia serta halal digunakan untuk Muslim.

Sejak adanya catgut, para dokter dan tabib lebih mudah menutup luka. Mereka tidak lagi menutupnya menggunakan semut atau daun. 

Az-Zahrawi menuangkan segala pemikirannya tentang ilmu bedah ke dalam buku setebal 1.500 halaman berjudul ‘at-Tasrif Liman ‘Ajiza an at-Ta’lif’ yang terdiri dari 30 jilid. Buku tersebut dianggap kitab kedokteran oleh para dokter di dunia. 

Pasalnya, di dalam buku itu, az-Zahrawi menjelaskan sekitar 200 peralatan bedah, termasuk hasil temuannya. Beraneka teknik operasi bedah pun dipaparkan di sana.

Melalui at-Tasrif, dia juga menuturkan beberapa penyakit, meliputi gejala, dan cara mengobatinya. Karya monumental az-Zahrawi tersebut kini sudah diterjemahkan ke bahasa Inggris, bahasa Prancis, dan sebagainya.

Az-Zahrawi menghembuskan nafas terakhirnya pada 1013 Masehi pada usia 77 tahun. Dirinya sempat menjadi dokter khusus kerajaan pada masa pemerintahan khalifah al-Hakam II.

Sumbangsihnya yang besar bagi perkembangan ilmu kedokteran, membuat al-Zahrawi kerap disebut bapak ilmu bedah modern. Seorang penerjemah Italia bernama Pietro Argallata turut menyebutnya sebagai pemimpin ahli bedah dunia. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement