Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

Friday, 16 Rabiul Akhir 1441 / 13 December 2019

UMP Buka Program Magister Pendidikan Islam

Selasa 17 Sep 2019 18:00 WIB

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Agung Sasongko

 Ilustrasi Universitas Islam

Ilustrasi Universitas Islam

Foto: Republika/Prayogi
Pendidikan harus mampu memanfaatkan potensi dan bakat.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) memiliki program studi magister baru. Prodi magister tersebut adalah Prodi Magister Pendidikan Agama Islam, yang proses peluncurannya dilakukan di Aula AK Anshori, Senin (16/9). Acara launching prodi tersebut juga diisi dengan ceramah ilmiah dari pakar Pendidikan Agama Islam yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor I UIN Yogyakarta Prof Dr Sutrisno.

Rektor UMP Dr Anjar Nugroho dalam kesempatan itu menyebutkan, pihaknya sengaja mengundang pakar pendidikan Agama Islam dari UIN Yogyakarta, untuk menambah wawasan para mahasiswa Fakultas Agama Islam yang juga hadir dalam acara tersebut.

Mengutip ayat suci Alquran, Rektor menyatakan, setiap manusia diwajibkan untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya. Semakin banyak ilmu yang diperoleh, semakin matang cara seseorang dalam berfikir. ''Pada akhirnya, orang yang berilmu akan mudah menilai mana kebenaran yang sejati,'' katanya.

Dalam kesempatan itu, Anjar juga mengaku bersyukur karena pada akhir UMP bisa mendapat izin untuk menyelanggarakan Prodi Magister Pendidikan Agama Islam. ''Kita bisa menyelenggarakan prodi magister ini, setelah melalui perjuangan yang hebat dan melalui proses yang sangat lama,'' katanya.

Prof Dr Sutrisno MAg dalam kesempatan itu, mengatakan mahasiswa harus mulai mengubah cara belajarnya dengan  cara belajar yang cerdas, hidup yang cerdas. ''Apalagi pada era sekarang ini, dimana semuanya sudah serba online. Karena itu,  mengembangkan pendidikan  S1 dan S2 tidak hanya cukup transfer value dan knowledge,'' jelasnya.

Dia mengatakan, pendidikan harus mampu memanfaatkan potensi dan bakat yang dimiliki menyesuaikan dengan era yang sedang dihadapi. Pendidikan saat ini, juga harus bisa mengembangkan pola pikir kritis, logis dan inovatif. ''Pola pendidikan seperti ini, berlaku untuk prodi maupun fakultas apa pun. Jika UMP sudah menumbuh kembangkan pola pikir semacam ini, berarti UMP telah menjadi perguruan tinggi yang modern dan unggul,'' katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA