Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

Kamis, 25 Safar 1441 / 24 Oktober 2019

YPU Bina Ilmu Gelar Jalan Sehat Muharram

Ahad 01 Sep 2019 21:53 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko

Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, Yayasan Pembinaan Umat (YPU) Bina Ilmu, Parung, Bogor, Jawa Barat, menggelar Jalan Sehat Muharram (JSM), Ahad, (1/9) yang bertepatan dengan 1 Muharram 1441 H.

Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, Yayasan Pembinaan Umat (YPU) Bina Ilmu, Parung, Bogor, Jawa Barat, menggelar Jalan Sehat Muharram (JSM), Ahad, (1/9) yang bertepatan dengan 1 Muharram 1441 H.

Foto: DOK YPU Bina Ilmu
JSM sudah berlangsung selama 22 tahun sejak YPU Bina Ilmu didirikan pada 1997

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR-- Menyambut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, Yayasan Pembinaan Umat (YPU) Bina Ilmu, Parung, Bogor, Jawa Barat, menggelar Jalan Sehat Muharram (JSM), Ahad, (1/9) yang bertepatan dengan 1 Muharram 1441 H.

JSM sudah berlangsung selama 22 tahun sejak YPU Bina Ilmu didirikan pada 1997, pada tahun ini mengambil tajuk ''22 Tahun Berkhidmat Membina Umat'' berlangsung semarak. Sekitar 1.200 an orang turut serta dalam kegiatan gerak jalan santai keluarga.

Peserta mulai dari bayi, balita, siswa PAUD, TK, SD, SLTP, SLTA, Mahasiswa maupun karyawan dan lanjut usia berbaur menyatu dalam balut kekeluargaan. Berjalan sejauh empat kilometer menyusuri jalan di perkampungan yang yang masih rindang, asri, dan sejuk.

Kegiatan diawali dengan Shalat Sunat Dhuha empat rakaat di Masjid Maryam Almuhsen Bina Ilmu yang dipandu Kepala SDT Bina Ilmu, Suprianto, SPd. Tepat pukul 07.00 WIB seluruh peserta JSM diarahkan ke halaman sekolah yang beralamat di Jalan Raya Haji Mawi Nomor 03 Kampung Jati, RT 03 RW 05 Parung, Bogor, Jawa Barat.

Tiga pemandu acara; Sri Widoningsih, Ayip Ruhbi, dan Abdul Malik Alhasan dari guru SDT Bina Ilmu membuka acara JSM. Nuansa hijau mendominasi halaman seluas 20 x 25 meter persegi yang ditutup tenda dengan kombinasi hijau toska -warna khas perguruan bina ilmu- dan putih.

Lagu Indonesia Raya membahana ke setiap sudut ruang dengan iringan musik yang didirigeni Rika Ariyani salah seorang Guru SDT Bina Ilmu hingga membangkitkan  semangat nasionalisme.

Sebelum dilepas keberangkatannya oleh Ketua YPU Bina Ilmu, Nurcholis, SHI, seluruh peserta berdoa dengan khusuk yang dipimpin Kepala Bidang Kerohanian SDT Bina Ilmu, H. Momon Abdul Rohman.

Tampak hadir, Pengawas Pembina TK-SD Kecamatan Parung, Ely Rohimah, SPd, MM, Dewan Pembina YPU Bina Ilmu, HE Tafrawi, Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah, Suhandi, SPd, Ketua Komite SDT Bina Ilmu, Drs Wahyu Hidayat, MPd, Bendahara Masjid Besar Riyadlush Shalihin, H.Irwan, perwakilan dari Yudhistira, Rio, perwakilan dari Bank Syariah Insan Cita, Meylia, pemilik Klinik Nabiya Medika Parung, Fikri, dan tokoh agama dan tokoh masyakat Parung

Ketua Panitia JSM 1441 H, Djamaludin SPd mengatakan, kegiatan JSM menjadi hajatan besar YPU Bina Ilmu dalam setiap awal tahun baru hijriyah. ''JSM sudah menjadi agenda rutin perguruan Bina Ilmu dalam menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram,'' kata Djamaludin dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Ahad, (1/9) malam.

Djamal sapaan akrabnya merasa beryukur karena kegiatan JSM tahun ini banyak pihak yang berpartisipasi. ''Alhamdulillah beberapa lembaga seperti PPPA Darul Quran, Penerbit Yudhistira, Indofood, Bank Syariah Insan Cita, Elbama Bina Ilmu, Klinik Nabiya Medika, PD Sadena Jaya mensupport panitia  baik moril maupun materil,'' ujar guru kelas VA ini.

Selain doorprize yang sangat melimpah, JSM tahun ini, sambung guru yang sudah 15 tahun mengabdi di Perguruan Bina Ilmu, juga dimeriahkan Grup Rampak Bedug Al Muhajirin dari Parung, Tim Eskul Pianika SDT Bina Ilmu dan Band Out yang digawangi Alwi F Sahel, Arif Hidayat, Helmi, Ayip Ruhbi, dari Guru SDT Bina Ilmu yang mengusung lagu pop religi.

Lebih lanjut, Djamal mengatakan, sebelum pengumuman doorprize bagi peserta JSM, sebanyak 13 peserta didik yatim Bina Ilmu menerima santunan dari Klinik Nabiya Medika (KNM) yang diserahkan langsung Fikri selaku pemilik KNM yang didampingi putrinya Annabiya Zahra.

Ketua YPU Bina Ilmu, Nurcholis, merasa bersyukur karena lembaga yang dipimpinnya menggelar JSM dengan sukses dan meriah. ''Alhamdulillah Bina Ilmu telah menyelenggarakan JSM sebagai ajang untuk menjalin tali silaturrahim dengan masyarakat Parung dan sekitarnya,'' ujarnya.

Malalui kegiatan JSM ini, sambung Jebolan UIN Syarif Hidayatullah, bertujuan mengajak masyarakat untuk giat dalam berolahraga yang murah meriah seperti jalan.

''Kita semarakkan Tahun Baru Islam sambil berolah raga. Mudah-mudahan di tahun baru Islam ini kita lebih baik lagi terutama  dalam beribadah kepada Allah SWT,'' tandasnya

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA